Dinkes Provinsi PBD Buka Puasa Bersama Anak Panti Muslim Papua

AIMAS – Di momentum bulan Suci Ramadhan 1445 Hijiriah bulan yang penuh berkah, Jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Daya (Dinkes PBD) mengadakan buka puasa bersama dengan anak panti asuhan Muslim Papua di Jalan Lobak Kelurahan Malasom, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong. Jumat (23/3/2024).

Di kesempatan ini, rombongan Dinkes disambut hangat para penghuni panti asuhan Muslim Papua.

Kepala Dinas Kesehatan Provins Papua Barat Daya, Naomi Netty Howay mengatakan, dengan momen Ramadan ini berharap dapat menjadikan kegiatan buka puasa bersama ini jadi amal ibadah.

” Kita tidak bisa mengandalkan kekuatan dari kemampuan kita itu sendiri, kita harus meminta hikmat kemampuan dari Tuhan untuk menolong sesama dalam pelayanan-pelayanan kesehatan sehingga Dinkes Provinsi PBD mengambil kebijakan untuk melaksanakan kegiatan rohani,” Jelas Kadis Dinkes Provinsi PBD, Naomy Netty Howai.

Kebijakan yang diambil, kata Naomy, yakni ibadah bagi umat kristen dan pengajian rutin bagi umat muslim yang diadakan setiap bulan di minggu ketiga bulan berjalan.

Menurutnya, kegiatan rohani ini sudah berjalan selama tiga bulan, biasanya kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor dinkes namun atas kebijakannya maka giat tersebut dialihkan ke panti asuhan karena bulan ini bertepatan dengan bulan Suci Ramadhan.

“Jadi kita melakukan kunjungan kasih ke panti asuhan Muslim Papua ini untuk melakukan buka puasa bersama dan berbagi sejumlah bantuan srmbako berupa beras, minyak kelapa dan telur serta uang tunai,” beber Naomy.

Ia menambahkan, kegiatan ini akan berlanjut sampai hari Raya Idul Fitri di halaman panti. Bagi yang kristen pihaknya juga akan melakukan kegiatan yang sama seperti berkunjung ke gereja untuk melakukan pelayanan pribadi spiritual.

“Sebagai seorang pimpinan di dinkes saya berharap kita semua dari teman staf dan jajaran yang muslim dan yang kristen harus bisa menjaga kebersamaan karena sesuai dengan motor kita di Papua Barat Daya itu ” Kitorang kuat karena kitorang satu,” harapannya.

Sementara itu, Kepala yayasan panti asuhan Muslim Papua, Kabupaten Sorong, Ahmat Manoi memberikan apresiasi dan menyampaikan ungkapan terimakasih atas kunjungan kasih oleh Dinkes Provinsi Papua Barat Daya. Baginya, kunjungan ini merupakan suatu keberkahan dan anugeah bagi panti asuhan Muslim Papua.

” Di panti ini ada kurang lebih 45 anak yang yang kami bina terdiri dari SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Kami masuk disini sejak 22 Oktober 2002 sampai sekarang baru lahirkan 20 kader dengan swadaya sendiri,” Beber Ahmat Manoi.

Atas kemurahan Allah, ungkap Ahmat, ada dua kader/anak yang kini sudah duduk di bangku kuliah smester 5 di kampus Akper dan Stikes Sorong. Selain itu, 3 kader lainnya sudah menjadi abdi negara yang saat ini bertugas di Polres Sorong dan di Polres Maybrat. Satu diantara merupakan TNI AD di Manokwari Papua Barat.

” Upata-upaya yang kami lakukan untuk anak-anak sejauh ini dari hasil swadaya sendiri dan uluran kasih dari para dermawan, belum pernah ada bantuan dari pemerintah. Untuk itu kami kami sangat berterimakasih atas kunjungan ini karena ibu sudah mau mendengar aspirsi kami, selanjutnya aspirasi ini akan saya sampaikan secara pribadi dengan ibu,” Ungkapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top