Penjagub Musa’ad Apresiasi KPwBI-PB Sebagai Upaya Tingkatkan UMKM di PB & PBD

SORONG – Penjabat (PJ) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Muhammad ‘Musa’ad mengapresiasi penyelenggaraan Torang Creative And Ecotourism Festival Tahun 2024. Kegiatan yang bertemakan ” The Spirit of Tanah Papua Fostering Inclusive Growth Promoting Creative Economy and Sustainable Tourism” digelar oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua Barat pada Sabtu (18/5/2024) di Lapangan Wali Kota Sorong.

Menurut Musa’ad kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan produk produk UMKM di Papua Barat Daya (PBD) Terlebih, melalui program Torang Creative And Ecotourism Festival Tahun 2024.

” Melalui festival ini ada tiga hal yang dilakukan Bank Indonesia, pertama, BI telah melakukan seleksi bagi UMKM di Papua Barat dan Papua Barat Daya sehingga 48 UMKM ini dapat memiliki kualifikasi untuk bisa berkembang,” Ungkap Gunernur Provinsi PBD.

Yang ke dua, kata Musa’ad, melalui festival ini, artinya BI telah memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memperkenalkan pruduk-produk yang telah dibuat untuk dipromosikan.

” Kita upayakan untuk membantu para UMKM supaya mereka bisa mempromosikan produk-produknya secara luas, seperti jual ke Supermarket, Alfa Mart, Saga dan toko-toko lainnya,”

Terkait dengan upaya ini, Gubernur berkomitmen Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya akan bersinergi bersama BI untuk dapat memfasilitasi UMKM di Papua Barat Daya agar produk-produknya dapat di promosikan secara luas di Kota Sorong.

” Tadi saya sudah perintahkan Kepala Biro Perekonomian dan Kepala Perindakop untuk membantu menyiapkan Packaging, perijinan dan BPOM serta lebel halal bagi 48 UMKM yang masuk kualifikasi ini, sehingga mereka tidak lagi di benani dengan hal ini,” Ujarnya.

Sementara itu Aida S. Budiman, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya atas terselenggaranya Torang Creative And Ecotourism Festival Tahun 2024.

” Ini adalah smartphone pertama antara Bank Indonesia dengan pemerintahan daerah, sehingga kita bisa bersama-sama hari ini melakukan festival dan launching berbagai macam kegiatan pada sore hari ini termasuk nanti ada launching di desa wisata maupun UMKM naik kelas,” Ujar Aida Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Aida mengatakan, melalui Torang Creative And Ecotourism Festival Tahun 2024 ini merupakan bentuk komitmen Bank Indonesia bersama Pemerintah Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Lanjut Aida, UMKM adalah bagian terbesar dari pertumbuhan domestik bruto Indoneaia, 60 persen bersumber dari UMKM. Kemudian kalau dari sisi tenaga kerja unit usaha itu lebih dari 95%.

” Bahkan sekarang ini bangsa expor sudah hampir 16% berasal dari umkm termasuk nilainya sudah hampir satu triliun rupiah. Kalau Papua ingin maju, indonesia maju di daerah maka UMKM harus diperbaiki dan dikembangkan bersama,” Benernya.

Sedangkan dari sisi pariwisata melalui Torang Creative And Ecotourism Festival Tahun 2024 tersebut sudah dilakukan launching desa wisata Kampung Marsi Kabupaten Kaimana dan Kampung Malaumkarta Kabupaten Sorong. Dua kampung wisata ini akan dikembangkan bersama.

Dalam kesempatan ini, Aida juga mengusulkan Metode KISS untuk strategi peningkatan bagi UMKM di Papua Barat dan Papua Barat Daya. KIS adalah konsistensi, inovatif dan sinergi.

” Jadi mari kita bersama-sama konsisten tahun depan harus ada lagi festival 2025 dan seterusnya, kemudian kita harus inovatif karena harus kita memastikan produksi-produksi umkm ini sesuai dengan keperluan dari permintaan pasarnya. Kalau kita tidak inovatif maka kita tidak bisa maju. Kita juga harus bersama-sama bersinergi karena kita mempunyai tujuan yang untuk melakukan perubahan di Papua Barat dan Papua Barat Daya,” Ungkapnya

Di akhir acara Ia juga menyampaikan bahwa Bank indonesia akan selalu siap untuk membantu pemerintah daerah untuk bersama-sama menjaga negeri ini.

” terakhir salam KIS sampai bertemu di 2025 terima kasih,” Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top