Peringati HUT Otsus ke-22 dan Provinsi, Pemprov PBD Gelar Expo

AIMAS – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya (PBD) menggelar Papua Barat Daya Expo tahun 2023 dalam rangka merayakan HUT ke-1 Provinsi Papua Barat Daya pada Desember mendatang dan 22 tahun pemberlakuan Otonomi Khusus (Otsus).

Kegiatan Papua Barat Expo di buka secara resmi oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad yang didampingi Forkopimda di Malak Ball Room Aimas Hotel & Convention Centre. Kamis (16/11/2023).

” Ada yang bertanya kenapa hari ini dilakukan kegiatan Expo karena besok itu tanggal 17 merupakan sejarah pertama Provinsi Papua Barat Daya, dimana pada tanggal 17 November DPR RI menetapkan UU pembentukan Provinsi Papua Barat Daya yang diitandatangani oleh Presiden RI dan dimuat dalam lembaran sejarah NKRI. Dan di tanggal 9 Desember diresmikan Pemprov PBD serta pelantikan PJ Gubernur PBD,” Ujar Pj Gubernur Mohammad Musa’ad saat memberikan sambutan.

Selain itu, pagelaran Papua Barat Daya Expo juga dilaksanakn dalam rangka memperingati 22 Tahun Otsus yang ditetapkan sejak 21 November tahun 2001.

Walaupun Sudah ada enam provinsi di Papua, Jelas Musa’ad, tapi enam provinsi tersebut sudah diikat oleh tiga kekuatan yaitu satu kultur dan satu kekuatan di Papua. yang kedua adalah Papua adalah bagian dari NKRI dan yang ketiga adalah provinsi yang diberikan otonomi khusus.

” ini yang menyatukan kita dari provinsi Papua induk kemudian Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan dan Provinsi Papua Barat Daya,” ungkap Musa’ad.

Oleh sebab itu, lanjut Musa’ad, memperingati hari Otsus yang ke 22 tahun ini telah disepakati bersama para PJ Gubernur se-Provinsi di Tanah Papua memperingati hari otsus tahun 2023 ini ditetapkan di Provinsi Papua Barat Daya sebagai tuan rumah.

“Nanti agenda berikutnya baru kita bicarakan bersama lagi untuk pelaksanaan hari Otsus nanti dilaksanakan di provinsi lain di tanah Papua,” Kata Musa’ad

Pj Gubernur menambahkan, dalam rangkaian kegiatan tetsebut, Papua Barat Daya Expo adalah salah satu agenda yang dilaksanakan di Provinsi Papua Barat Daya, nanti akan ada lagi agenda berikutnya yaitu Papua Fest Spirit Of Otonomi Khusus.

PBD Expo akan berlangsung selama tiga hari. Adapun belasan Stand dari berbagai instansi pemerintahan kabupaten/kota di wilayah PBD dan sejumlah pelaku UMKM serta BUMN.

Dalam pantauan media ini, Pj Gubernur didampingi sejumlah pimpinan pemerinrahan dan sejumlah pimpinan tinggi TNI/Polri meninjau beberapa Standn yang ada di Malak Ball Room AHCC Kabupaten Sorong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top