Penguatan Hasil Pemberitaan Pilkada, Bawaslu Provinsi PBD Gelar Konsolidasi Bersama Media

SORONG – Dalam Rangka penguatan pemberitaan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Barat Daya (PBD) menggelar konsolidasi media di Sorong. Dimana konsolidasi ini menggandeng sejumlah media massa, baik elektronik, cetak, maupun online. Berlangsung di Sorong Cafe, Kota Sorong pada Rabu (16/5/2024).

Bawaslu sebagai bagian dari lembaga penyelenggara Pemilu merasa berkepentingan untuk mendesiminasikan hasil pengawasan terhadap penyelenggaraan pengawasan pilkada kepada masayarakat secara luas yang bertemakan “Konsolidasi Media Dalam Rangka Penguatan Pemberitaan Pada Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Provinsi Papua Barat Daya”.

” Peran media massa sangat dibutuhkan untuk menjadi salah satu pengawas pemilu partisipatif, karena media itu merupakan alat sosial kontrol dan kekebasan pers itu digunakan sebagai alat ukur untuk proses melihat demokratisasi dan independen serta media sebagai sumber untuk mendapatkan informasi,” Jelas Ketua Bawaslu Papua Barat Daya, Fairli Sampetoding Rego saat membuka kegiatan Konsolidasi bersama media.

Menurut Fairli, peran media juga sangat membantu dalam hal regulasi dan kinerja-kinerja Bawaslu dapat tersampaikan ke masyarakat. Karena baginya, kehumasan Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya dalam penulisan pers rilis, narasi dalam media sosial, website, network, foto dan lainnya membutuhkan informasi yang akurat sebelum di sampaikan ke masyarakat.

” Tentu informasi yang disampaikan kepada masyarakat ini kita perlu riset. Kalau generasi milenial mungkin lebih paham digital, tapi kalu orang tua yang kurang paham digital, bagaimana caranya agar informasi ini bisa tersampaikan ke mereka. Untuk itu, Bawaslu membutuhkan kolaborasi dan sinergi bersama media sebagai sumber informasi ,” Terangnya

Kegiatan Konsolidasi Media Dalam Rangka Penguatan Pemberitaan Pada Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Provinsi Papua Barat Daya mengahdirkan dua narasumber yakni dari Jurnalis Kompas.com Vitorio Mantalean dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua Barat Daya Wahyudi (Jurnalis RRI Sorong).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top