Pj Gubernur Papua Barat Daya Resmi Membuka Pesparawi Ke-XIV Se-Tanah Papua

SORONG – Penjabat (Pj) Gubernur Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad membuka secara resmi Pekan Seni Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) ke-XIV Tingkat Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya di landscape kantor Walikota Sorong, Sabtu (22/6/2024)

Pembukaan Pesparawi diawali dengan defile kontingen dari 13 Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penyanyi Edo Kondologit serta penampilan dari sanggar Nani Bili yang menampilkan tarian kolosan pada acara pembukaan tersebut.

Mengawali sambutannya, saat membacakan sambutan tertulis Pj Gubernur Mohammad Musaad menyampaikan atas nama Pemprov Papua Barat Daya menyambut baik terselenggaranya kegiatan PESPARAWI ini. Pesparawi daerah bukan sekedar ajang kompetisi, melainkan juga merupakan sarana untuk mempererat tali persaudaraan antar umat beragama di seluruh tanah Papua.

” Oleh karena itu kita patut menyambut baik kegiatan ini melalui suara-suara yang harmonis kita bisa merasakan kedamaian, kita dapat merasakan ketenangan jiwa dan juga penampilan yang akan dibawakan oleh peserta akan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu mengedepankan semangat kebersamaan,” Ujar Pj Gubernur saat memberikan sambutan.

Melalui ajang PESPARAWI ini juga, kata Musa’ad, merupakan sarana menjadi instrumen untuk meningkatkan hubungan toleransi antar umat beragama. Selain itu diharapkan kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas bagi peserta dan penonton dan memiliki jiwa yang tenang dan jiwa yang damai.

” Ajang keagamaan seperti Pesparawi semoga dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat agar selalu mengedepankan semangat kebersamaan dan kemajemukan,” Terang Musa’ad.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesparawi ke – XIV tingkat Papua Barat dan Papua Barat Daya, Fanik Tehupeiory dalam laporannya menyampaikan sebanyak 1.746 peserta bakal bersaing dalam ajang PESPARAWI se-Tanah Papua.

” Ajang Pesparawi ini akan digelar di 4 lokasi berbeda yakni di gedung lambert Jitmau, gedung AHCC Aimas, Gereja Bethel Mawalokmal Aimas dan Gedung Poltekes Sorong,” Ungkapnya.

Pesparawi kali ini diikuti oleh 1.746 orang peserta terdiri dari Kota Sorong 265 peserta, Kabupaten Sorong 160 peserta, Sorong Selatan 176 peserta, Kabupaten Tambrauw 73 peserta, Raja Ampat 91 peserta dan Maybrat 170 peserta, Kabupaten Manokwari 250 peserta, Kaimana 130 peserta, Teluk Wondama 126 peserta, Manokwari Selatan 70 peserta, Pegunungan Arfak 30 peserta, Fakfak 155 peserta dan Teluk Bintuni 150 peserta.

” Kegiatan paduan suara ini menelan anggaran sebanyak 5,9 miliar, sebenarnya dalam mempersiapkan kegiatan ini kami masih kekurangan anggaran sebesar 2 miliar,. Sebelumnya kami mengajukan anggaran sebesar 21, 7 miliar namun yang terealisasi baru 5,8 miliar,” Bebernya.

Terlepas dari itu, ia menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Pj Gubernur Papua Barat Daya, Gubernur Papua Barat, Kementrian Agama RI dan Kementrian Agama Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya serta Forkopimda Papua Barat dan Papua Barat Daya yang telah berpartisipasi dalam ajang PESPARAWI ke-XIV Tingkat Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment