Deteksi Dini, ASN Kabsor Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis 

AIMAS – Guna mendeteksi potensi penyakit secara dini, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis oleh Dinas Kesehatan setempat pada Jumat, (10/11/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong, Ronney Kalesaran menjelaskan, pemeriksaan kesehatan secara gratis merupakan salah satu upaya untuk memastikan kondisi kesehatan ASN dan honorer sehat, sehingga mendukung aktivitas menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai ASN.

“Jika saat ASN melakukan pemeriksaan kesehatan namun terdapat penyakit yang memang membutuhkan penanganan khusus maka kita akan lakukan rujukan,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorog Ronney.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan instruksi Penjabat Bupati Sorong, Yan Piet Mosso. Selain itu, periksaan tersebut juga sebagai bagian dari penyambutan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jaruh pada tanggal 12 November.

“Kegiatan tersebut merupakan upaya deteksi dini kesehatan yang programnya memang sudah digalakkan di tiap-tiap puskesmas,” ujar Ronney.

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini rutin dilakukan. Karena menurutnya, pola hidup masyarakat di era modern ini banyak berpengaruh terhadap kesehatan, namun tidak terlihat dan disadari.

“Oleh karena itu kegiatan ini dilakukan sebagai upaya jemput bola. Kami berharap kegiatan ini akan jadi agenda rutin setiap triwulan atau enam bulan sekali,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan.

Pada pemeriksaan kesehatan ini, tambah Ronney, Dinas Kesehatan menghadirkan beberapa dokter spesialis, bidan dan perawat baik dari Rumah Sakit Daerah JP Wanane maupun dari tingkat puskesmas.

” ada beberapa jenis pemeriksaan yang dilayani, yakni pemeriksaan deteksi dini kanker serviks, pemeriksaan kesehatan jantung dengan EKG, pemeriksaan indeks masa tubuh (IMT), pemeriksaan deteksi gula darah, kolesterol dan asam urat,” Tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top