BPJAMSOSTEK Cabang Sorong Gelar Aktivasi Pasar KKBC di Pasar Moderen Rufei

SORONG – Menjelang akhir tahun 2023, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Sorong tetap gencar melakukan aktivasi pasar Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) di pasar moderen Rufei Kota Sorong.

Program KKBC ini merupakan program strategi komunikasi BPJamsostek untuk memberikan edukasi dan sosialisasi manfaat program BPJamsostek bagi para pekerja informal atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) yang terdapat di pasar tersebut agar dapat terlindungi oleh program BPJamsostek.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sorong, Nasrullah Umar mengatakan, upaya jemput bola kepada masyarakat khususnya dari pelaku usaha mikro dan kecil masih banyak yang belum terinformasi terkait manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

” Jadi pelaku usaha atau masyarakat pekerja perlu mengetahui pentingnya manfaat program BPJamsostek untuk melindungi dirinya, sehingga tidak terjadi kecemasan dari resiko-resiko pekerjaan” Ujar Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sorong, Nasrullah Umar.

Selain itu, kata Nasrullah, kegiatan KKBC ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat pekerja bahwa BPJamsostek hadir untuk seluruh kalangan pekerja baik pekerja formal maupun pekerja informal.

Terkait proses pendaftaran, lanjut Nasrullah, bagi masyarakat yang belum terdaftar dan mau mendaftar menjadi peserta BPJamsostek untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKN) hanya menggunakan KTP dan cukup membayar iuran sebesar Rp 16.800,-/bulan.

” Tetapi jika peserta yang ingin mendapatkan Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJamsostek, maka yang bersangkutan juga bisa menambah iuran sebesar Rp 20.00,- jadi total keseluruhan Rp 36.800/bulannya. Nah untuk JHT ini kapan saja bisa dicairkan saat pekerja sudah berhenti bekerja, dengan syarat peserta harus membawa dokumen klaim JHT,” Ungkap Nasrullah.

Saat kegiatan berlangsung di Pasar Moderen Rufei Kota Sorong, , BPJamsostek juga memberikan pelayanan bagi masyrakat baik dari pekerja informal mapun non formal yang ingin membayar iuran BPJamsostek maupun yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta BPJamsostek serta pelayanan lainnya yang berhubungan dengan kepesertaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top