KPU Kota Sorong Sortir 70.236 Segel Kotak Sura

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong secara bertahap memenuhi kebutuhan logistik dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. KPU Kota Sorong telah menerima dan menyortir logistik berupa segel kotak suara yang dikirim KPU RI pada Selasa, (12/12/2023).

Logistik kebutuhan dalam penyelenggaraan pemilu berupa segel kotak suara langsung ditaruh ke gudang logistik KPU Kota Sorong yang beralamat di Jl. Arteri Distrik Sorong Utara. Segel kotak suara yang disortir sebanyak 70. 236 lembar ini disaksikan Ketua KPU Kota Sorong dan Bawaslu Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Ketua KPU Kota Sorong, Baltasar Kambuaya.

Ketua KPU Kota Sorong Baltasar Kambuaya menyampaikan, kedatangan logistik kebutuhan pemilu ini bertahap seperti yang disortir saat ini berupa segel kotak suara sudah terakomodir.

” Jadi pernyortiran segel kotak suara ini sudah memenuhi kebutuhan, sudah sesuai estimasi dan semuanya lengkap. Ada dua yang rusak tapi ada dua yang lebih jadi sudah terakomodir,” Ujar Ketua KPU Kota Sorong, Baltasar Kambuaya.

Menurut Baltasar, segel kotak suara yang diterima ada 4 kardus. Satu kardus berisi sepuluh karton, satu karton berisi 50 lembar (1 lembar terdapat 40 segel kotak suara). Total keseluruhan 70.236 lembar segel kotak suara.

Ia menambahkan, kedatangan logistik pemilu ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan. Menurutnya, sortir logistik pemilu saat ini merupakan tahap 4. Sebelumnya, sortir tahap 2, KPU sudah menerima logistik berupa kotak suara, kelengkapan alat TPS dan kelengkapan pemilu lainnya.

” Nanti dalam waktu dekat akan ada kelengkapan pemilu yang lain seperti kabel ties untuk perekat kotak suara dan kelengkapan lainnya.” Bebernya.

Terkait dengan itu, saya berharap KPU dapat melaksanakan tahapan pemilu agar berjalan dengan baik, juga dibutuhkan partisipasi masyarakat dan Bawaslu serta perangkat lainnya agar tetap solid melaksanakan pemilu 2024,” Tutup Baltasar Kambuaya.

Sementara itu, Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Bawaslu Kota Sorong, Nirma Tindoy menjelaskan, pengawasan terhadap pengadaan logistik (Segel) ke gudang logistik KPU dilakukan bersama staf Bawaslu dan Panwaslu Distrik Malaimsimsa Kota Sorong.

Ia menjelaskan, logistik segel ini merupakan salah satu item penting dalam pengawasan. Sebab nantinya segel ini jika rusak, nantinya dapat muncul potensi Pidana Pemilu 2024, dan juga potensi terjadinya Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Bawaslu Kota Sorong, Nirma Tindoy.

” Selain itu, ada tahapan-tahapan yang menjadi domain pengawasan Bawaslu terkait logistik salah satunya segel ini. Bawaslu akan fokus dalam pengawasan logistik pemilu 2024 agar Pemilu 2024 nantinya dapat berjalan dengan lancar dan damai,” Ungkap Nirma

Selain melakukan pengawasan terhadap pengadaan logistik pemilu tahun 2024, Bawaslu Kota Sorong juga memaksimalkan pengawasan terhadap pendistribusian dan pengawasan keamanan logistik di Gudang KPU Kota Kota Sorong.

” Hal ini dilakukan sebagaimana amanat Undang-undang dan perundang-undangan untuk mewujudkan pemilu tahun 2024 damai dan berintegritas,” Harapannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top