Telkom tambah 20 unit link backup Starlink tingkatkan jaringan 4G Merauke

Merauke Matapapua.com – PT. Telkom Indonesia terus berupaya mengoptimalkan layanan jaringan internet bagi masyarakat di Kabupaten Merauke setelah putusnya kabel optik di laut Merauke-Timika pada 4 Januari 2024.

“Tadi pagi 20 unit Backup Link Satelit Starlink tiba di Merauke dan sedang dilakukan pemasangan oleh tim teknisi di Tanah Miring untuk mendukung penyediaan layanan broadband internet terutama jaringan selular 4G,” kata Kepala Kantor Telkom cabang Merauke, Justino Fernandes di Merauke (11/1).

Dia menyampaikan bahwa sebenarnya lirik backup yang digunakan di Asmat sebanyak 30 unit sudah ditarik kembali dan sudah dipasang di sejumlah titik untuk meningkatkan jaringan 4G.

Dikatakan bahwa karena ada masukan dari masyarakat serta aspirasi dari teman-teman Jurnalis bahwa jaringan internet 4G sangat lambat sehingga kami langsung melaporkan pimpinan dan hari ini 20 unit Backup Link Satelit Starlink tiba di Merauke.

“Tadi sekitar pukul 10.00 WIT atau jam 10 pagi sudah diangkut menuju tanah miring untuk dipasang. Esok dilakukan evaluasi dan mudah-mudahan ada peningkatan jaringan seluler 4G, ” ujarnya.

Ditambahkan bahwa kapal guna perbaikan kabel optik di laut Merauke sudah dalam perjalanan dari Batam dan akan tiba di Makassar pada 14 Januari 2024 untuk mengangkut logistik dan teknisi menuju Merauke.

“Kemudian kapal tersebut diperkirakan akan tiba di Merauke pada 31 Januari 2024 sehingga istimasi jaringan internet di Merauke akan normal sekitar 8 Februari 2024 atau minggu kedua di bulan Februari,” tambah dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top