Sejumlah Anak Dan Dewasa Menerima Sakramen Baptis, Resmi Menjadi Anggota Katolik

IMG 20210801 0915472

IMG 20210801 0915472

Matapapua-Maybrat: Pastor Paroki Santo Albertus Agung Teminabuan Keuskupan Manokwari-Sorong, Septo Trifon Polii,Pr memberikan sakramen baptis kepada 4 anggota baru di gereja Stasi Santa Maria Ayamaru Kabupaten Maybrat, Minggu (1/8/2021).

Melalui penerimaan sakramen baptis tersebut telah resmi menjadi anggota Katolik sehingga Paroki setempat telah bertambah anggota umat baru.

Penerimaan sakramen baptis ini dinyatakan telah dihapus dari dosa asal dan dosa pribadi sehingga menjadi hidup baru bersama Kristus.

Dalam upacara penerimaan sakramen baptis tersebut, Pastor Septo menanyakan kesediaan kepada orang tua dan wali baptis untuk mendidik anak-anak guna mengikuti ajaran iman Katolik yang benar. Pertanyaan Pastor ini disetujui orang tua dan wali baptis untuk melaksanakan tugas tersebut.

Setelah menuangkan air ke atas kepala penerima sakramen baptis, maka secara resmi dinyatakan menjadi anggota gereja Katolik yang sah disaksikan oleh wali baptis dan umat Stasi Santa Maria Ayamaru. Dalam penerimaan sakramen baptis tersebut terdiri dari 3 orang anak dan 1 orang dewasa.

“Dengan demikian Paroki Santo Albertus Agung Teminabuan telah bertambah 4 anggota baru. Dan ini merupakan kewajiban orang tua untuk mendidik anak-anak untuk mengikuti ajaran iman Katolik karena sudah sah menjadi pengikut Kristus,” tutur Septo.

Sakramen baptis menurut ajaran gereja Katolik merupakan sakramen pertama sebelum menerima sakramen-sakramen lainnya. Dan sakramen baptis merupakan salah Satu sakramen Inisiasi dari sakramen Komuni dan Krisma.

Meskipun Upacara penerimaan sakramen baptis ini di tengah pandemi Covid-19, namun Pastor Paroki ini menegaskan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga terhindar dari penyebaran bahaya Covid-19 yang sedang mewabah dunia saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top