Menko Perekonomian Meresmikan Penggunaan KEK Sorong

IMG 20191011 111555

IMG 20191011 111555

Matapapua – Arar : Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong, Papua Barat akhirnya diresmikan untuk dimanfaatkan dalam sejumlah kegiatan perekonomian terutama yang bersentuhan langsung dengan aktivitas industri guna menunjang pembangunan daerah.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mewakili Presiden Joko Widodo pada peresmian Palapa Ring dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong, Jum’at (11/10) mengatakan hadirnya kawasan strategis nasional terdapat 2 instrumental yakni, penting untuk perkembangan daerah dan penting secara nasional, oleh karenanya dengan peresmian KEK Sorong akan berdampak penting bagi perkembangan ekonomi di Sorong dan Papua secara umum.

” selama 5 Tahun ini pemerintah telah membangun 226 proyek strategis nasional selama 5 tahun dan yang akan selesai sampai akhir 2019 kira-kira 50%-nya, sisanya masih dalam tahap pembangunan, artinya KEK Sorong dalam pembangunan merupakan salah satu yang sudah mulai beroperasi pada hari ini” kata Darmin Nasution.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di masing-masing pulau dengan memanfaatkan potensi dan keunggulan daerah antara lain melalui kawasan ekonomi khusus diluar Jawa.

” Perlu kita syukuri bahwa satu dari 7 kawasan ekonomi khusus baru yang dibangun tersebut berada di Provinsi Papua Barat tepatnya di Kabupaten Sorong yaitu kawasan ekonomi khusus yang sejak tahun 2016 telah ditetapkan melalui peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 tahun 2016 yang hadir, yang hari ini diujung tahun 2019 akhirnya akan diresmikan untuk dapat segera dioperasikan Menteri koordinator perekonomian mewakili bapak Presiden Republik Indonesia, sejalan dengan prioritas sasaran dan tujuan pembangunan Provinsi Papua Barat yang telah tertuang dalam RPJMD Provinsi Papua Barat, baik pada periode sebelumnya yaitu RPJMD tahun 2012-2016 maupun rpjmd tahun 2017-2022 yaitu meningkatkan perekonomian daerah yang didukung oleh pemanfaatan sumber daya lokal lintas sektor” ungkap Gubernur Dominggus Mandacan.

Bupati Sorong, Johny Kamuru mengatakan hadirnya KEK Sorong dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah Sorong raya dan tanah Papua pada umumnya, dan diharapkan dapat meningkatkan pembangunan daerah.

“Kami bangga karena dipercaya sebagai salah satu daerah untuk kawasan strategis nasional, melalui kegiatan KEK dapat menumbuhkan perekonomian daerah” kata Johny Kamuru.

Selain meresmikan KEK Sorong, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution juga meninjau lokasi pembangunan KEK Sorong yang telah diisi dengan pengoperasian sejumlah perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top