KPU Launching Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan 

Merauke, Matapapua.com – Komisi Pemilihan Umum atau KPU resmi meluncurkan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Selatan yang akan diselenggarakan serentak pada 27 November 2024.

Peluncuran tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Selatan yang dipusatkan di Lapangan Kapsul Waktu Merauke, Jumat (10/5) dihadiri oleh Anggota KPU Republik Indonesia Idham Holik.

Ketua KPU Provinsi Papua Selatan, Theresia Mahuze dalam sambutannya mengatakan bahwa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 perdana di Provinsi Papua Selatan.

Dia mengatakan bahwa proses tahapan pemilihan kepala daerah di Provinsi Papua Selatan kurang lebih enam bulan terhitung hari peluncuran ini. Atau kurang lebih tersisa 202 hari lagi menuju pemilihan 27 November 2024.

Dikatakan bahwa waktu yang sangat sedikit ini kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan tahapan-tahapan Pilkada tersebut agar berjalan lancar. Namun kerja tahapan Pilkada ini bukan hanya KPU saja tetapi banyak pihak yang terlibat dan ini merupakan tanggung jawab bersama.

Karena itu, kata Theresia, KPU selaku penyelenggara Pilkada meminta dukungan pemerintah Provinsi Papua Selatan dan seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama mengawal dan mensukseskan pemilu kepala daerah serentak 2024.

“Sebab dengan dukungan semua pihak kami optimis pelaksanaan Pilkada di Provinsi Papua Selatan akan sukses,” ujarnya.

Ia mengajak seluruh anggota dan sekretariat KPU Provinsi Papua Selatan maupun anggota dan sekretariat KPU Kabupaten di Provinsi Papua Selatan agar bekerja dengan semangat dan berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan terutama peraturan yang menyangkut dengan Pilkada. Serta berpegang teguh pada peraturan kode etik penyelenggara.

Asisten I Bidang Pemerintahan Umum dan Otsus Papua Setda Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno mewakili Pj Gubernur dalam sambutannya mengharapkan agar semua tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

Dikatakan Pemerintah Provinsi Papua Selatan juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama dengan KPU, Bawaslu, TNI, Polri, dan pemerintah daerah untuk sukseskan seluruh tahapan Pilkada.

“Dengan adanya kerjasama, kolaborasi, dan sinergisitas semua pihak baik masyarakat, KPU, TNI, dan Polri maka pemilihan kepala daerah ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan,” tambah dia.

Anggota KPU Republik Indonesia, Idham Holik yang hadir pada launching tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan menambahkan bahwa suksesnya Pilkada tidak semata mata karena KPU maupun Bawaslu tetapi membutuhkan dukungan dan partisipasi semua pihak terutama pemerintah daerah, TNI dan Polri.

Dengan suksesnya Pemilu Presiden dan Legislatif lalu membuat KPU RI yakin bahwa KPU Papua Selatan akan sukses pula melaksanakan tahapan Pilkada apalagi didukung oleh pemerintah daerah, TNI, Polri, dan seluruh tokoh serta masyarakat. Sebab bicara Pilkada adalah bicara tentang kepentingan masa depan Papua Selatan,” tambah Idham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top