Kendalikan Inflasi Daerah PBD, Puncak GNPIP Memperkuat Kolaborasi

AIMAS – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat Daya bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi (TPIP) Papua Barat Daya, terus berkomitmen dalam menjaga terkendalinya inflasi nasional. Hal tersebut diwujudkan melalui gelaran Sinergi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) pada 30 Oktober 2023 di Rylich Panorama Hotel Sorong, Papua Barat Daya.

GNPIP menjadi langkah komitmen bersama untuk mengoptimalkan langkah-langkah pengendalian inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi guna mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif, dan berdampak nasional.

Kepala Kantor Perwakilan Papua Barat, Rommy S. Tamawiwy menjelaskan bahwa puncak GNPIP Provinsi Papua Barat Daya 2023 merupakan momentum strategis BI Provinsi Papua Barat untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah serta instansi lainnya dalam menjaga terkendalinya inflasi nasional khususnya di daerah ini.

“Meskipun banyak dinamika dan gejolak yang terjadi tetapi BI bersama pemerintah kota maupun kabupaten mempunyai komitmen yang sama dalam memantapkan kolaborasi dan bersinergi sehingga inflasi di PBD bisa terjaga dengan baik, terutama dalam menjaga stabilitas pangan lokal ” Ujar Kepala Kantor Perwakilan Papua Barat, Rommy S. Tamawiwy

Sementara itu, Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan George Yarangga menyatakan, acara puncak GNPIP Provinsi Papua Barat Daya 2023 oleh BI ini merupakan momentum strategis bersama pemerintah dalam rangka memperkuat koordinasi guna menjaga terkendalinya inflasi daerah di Papua Barat Daya.

” Dalam hal ini tentunya pemerintah punya peran penting untuk memberikan perhatian khusus terutama dalam menindaklanjuti arahan presiden untuk menjaga inflasi di setiap daerah kabupaten maupun kota,” jelas
Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan George Yarangga.

George memghimbau kepada Perwakilan Bank Indonesia PBD agar dapat bekerjasama serta berkoordinasi dengan pemerintah kota maupun kabupaten dalam penanganan inflasi.

“Kami juga mengapresiasi tim pengendalian inflasi Provinsi daerah kabupaten dan kota atas kerja kerasnya sehingga data inflasi di Provinsi PBD dibawah 4 persen,” tutupnya

Dalam kesempatan ini, cara puncak GNPIP Provinsi PBD tahun 2023 ini mengambil tema “Sinergi dan Inovasi Membangun Papua Barat Daya Pangan , Mandiri, Inflansi Terjaga, Torang Sejahtera”

Kegiatan ditandai dengan Penandatanganan komitmen kerjasama antar Pemerintah Kabupaten Sorong dan Pemerintah Kota Sorong dan pemberian kredit usaha rakyat, serta pemberian program sosial Bank Indonesi

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top