Kadis DPMK Raja Ampat Dorong Aplikasi Smart Kampung diterapkan 117 Kampung di Raja Ampat

RAJA AMPAT (Matapapua)–Pusat konsultasi pemerintah daerah (PKD) bekerjasama dengan pemerintah kampung se- kabupaten Raja Ampat menyelenggarakan pelatihan training dan edukasi aplikasi Smart kampung sistem informasi pelayanan dan administrasi kampung berbasis desktop dan android.

Pelatihan training dan edukasi mengenai aplikasi smart kampung – E Swa Desa melibatkan pemerintah kampung se- Raja Ampat berlangsung kurang lebih selama 3 hari,Senin 30/10/2023).di kabupaten Raja Ampat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat kampung Abner Sanoy,SE,MM.Ketika mengikuti acara pembukaan pelatihan aplikasi smart kampung – E Swa Desa kegiatan merupakan kerjasama antara Pusat konsultasi pemerintah daerah (PKD dengan pemerintah kampung se- kabupaten Raja Ampat.Menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini tujuannya adalah mengenai aplikasi Smart kampung -E Swa Desa.

Hal yang mendasar dari kegiatan ini adalah agar mempermudah akses tata kelola aparat pemerintahan kampung secara khusus memanfaatkan jaman teknologi yang ada baik itu aparat pemerintah kampung bahkan secara keseluruhan 117 kampung di Raja Ampat. 

Menurutnya, akses internet ini menjadi hal yang penting sehingga berapa hari kedepan peserta terdiri dari aparat kampung agar mengikuti pelatihan ini dengan baik.

Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi ini, para kepala kampung juga bisa operasional jaman digital ini dengan baik di jajaran pemerintahan yang ada.Karena kegiatan ini bekerja sama dengan dirjen kementerian desa ini upaya mendorong agar kegiatan smart kampung bisa terlaksana dan dapat di terapkan di kampung masing-masing.

Diharapkan agar kepala kampung dan jajaran yang mengikuti pelatihan tersebut setidaknya memahami aplikasi khususnya aplikasi Smart kampung -E Swa Desa,agar setiap data dari pemerintah kampung bisa di update melalui website dari kampung itu sendiri,”Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top