Hardiknas 2024, Pj Gubernur : Membangun Pendidikan Butuh Kolaborasi Menciptakan Pendidikan Berkualitas

AIMAS – Pendidikan adalah hal yang penting bagi semua orang, terutama bagi anak-anak. Pendidikan juga didapatkan dari segala tempat salah satunya adalah sekolah dan lingkungan keluarga serta lingkungan sekitar. Namun untuk membangun pendidikan dibutuhkan kolaborasi lintas sektor dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas dan mumpuni.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad di momentum ke-77 tahun Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang di pusatkan di Alun-Alun Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Rabu.

Perayaan Hardiknas bertemakan “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” memberikan isyarat untuk bersama membangun pendidikan.

” Membangun pendidikan khususnya di Papua Barat Daya butuh kolaborasi tingkat sektor untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, ” Jelas Musa’ad.

Baginya, membangun pendidikan, membangun merdeka belajar butuh kebersamaan, kolaborasi dan sinergitas dari semua unsur sehingga harapan mencapai Indosia emas pada 2045 bisa terwujud secara baik dan maksimal.

Pada konteks Papua Barat Daya yang berlandas pada moto “Kitorang Kuat Karena Torang Satu”, pada bidang pendidikan Pemerintah mengembangkan generasi emas melalui berbagai program, salah satunya adalah beasiswa generasi emas (Bis-Gemas).

“Program Bis-Gemas ini sudah mulai nampak beberapa hasil daru pengembangan program ini, dan ini akan terus kita lakukan supaya SDM Papua Barat Daya tidak kalah saing dengan daerah lain di Indonesia,” Ungkapnya.

Untuk itu, dubutuhkan dukungan penuh dari seluruh stakeholder dalam pengembangan program Bis-Gemas ini, sehingga SDM Papua Barat Daya memiliki kualitas yang bisa bersaing dengan provinsi lain. Sesama anak bangsa harus hidup sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan sesama anak bangsa di seluruh Indonesia.

” Ini menjadi komitmen dan semangat serta menjadi motivasi untuk seluruh anak bangsa di Papua Barat Daya khususnya para pengajar dari tingkat bawah hingga tinggkat atas,” Ujarnya

Di kesempatan ini, dirinya juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh orangtua yang telah mendorong anak-anaknya untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Menurutnya, Pemerintah akan terus berusaha untuk memberikan dan menyediakan pelayanan pendidikan yang baik.

” Pemerintah juga akan memperbaiki kualitas pendidikan sehingga nantinya anak-anak memiliki daya saing diantara anak bangsa di negeri Indonesia bahkan di dunia internasional, ” Bebernya.

Ia menambahkan, terlebih khusus pelayanan di daerah 3T (Tertinggal, terdepan dan terluar), selain memberikan tunjangan khusus oleh Pemerintah Papua Barat Daya dan kabupaten kota, juga diadakan penambahan guru melalui program PPPK guna mengoptimalkan pendidikan di wilayah 3T.

“Jadi selain memberikan tunjangan yang berbeda bagi guru di daerah 3T, juga ada fasilitas-fasilitas penunjang lain kepada guru 3T,” Kata Pj Gubernur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top