Hadiri Maulid Nabi, Ketua MUI Kota Sorong Ajak Warga IKTBS Meneladani Sifat-Sifat Rasulullah SAW.

IMG 20211017 204733 1

IMG 20211017 204733 1

Matapapua – Sorong : Memperingati hari Maulid Besar Nabi Muhammad SAW adalah perbuatan yang sangat mulia. Hal ini disampaikan Ketua Umum MUI Kota Sorong, Ustadz H. Abdul Manan Fakubun saat memberikan tausiyah peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H yang diselenggarakan oleh IKTBS (Ikatan Kerukunan Tidore Bersatu Sorong) di Masjid Al-Ma’arif Kota Sorong, Minggu (17/10/2021).

Abdul Manan menjelaskan,
Hukum memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah boleh dan tidak termasuk Bid’ah Dhalalah mengada-ada yang buruk yang bertentangan dengan Al-Quran dan Al- Hadits tetapi Bid’ah Hasanah adalah sesuatu yang tidak dilakukan oleh Nabi maupun para sahabatnya namun perbuatan itu memiliki nilai kebaikan dan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits.

” Maka dibolehkan memperingati Maulid Nabi karena memiliki argumentasi syar’i yang kuat. Seperti Rasulullah SAW merayakan kelahiran dan penerimaan wahyunya dengan cara berpuasa setiap hari kelahirannya, yaitu setiap hari senin untuk mensyukuri kelahiran dan awal penerimaan wahyunya,” jelas Abdul Manan Fakubun.

Untuk itu dirinya mengajak warga masyarakat IKTBS serta umat muslim pada umumnya agar dapat memanfaatkan momentum peringatan Maulid untuk meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW dan para sahabanya.

Ketua Umum IKTBS, Syamsudin Gamtohe saat memberikan sambutan

Sementara itu, Ketua Umum IKTBS, H.Syamsudin Gamtohe mengapresiasi dan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh sesepuh IKTBS, panitia IKTBS dan warga masyarakat IKTBS serta para tamu undangan yang dalam hal ini telah peduli dan membantu mensukseskan acara perayaan Maulid Besar Nabi Muhammad SAW 1443 H.

” Saya berharap semoga dalam momentum ini, kita dapat menjaga dan mempererat tali silaturahim sehingga kedepan hubungan kekeluargaan ini bisa kokoh dan sejahtera,” Ungkap Syamsudin Gamtohe.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga tali silaturahim antara keluarga Tidore yang ada di Kota dan Kabupaten Sorong dan masyarakat muslim pada umumnya, ungkap Ketua Panitia, Abdul Latif H. Syawal. Baginya ,makna dan hikmah yang sudah disampaikan Ketua Umum MUI Kota sorong bisa menerapkan sunah-sunah Nabi SAW dalam kehidupan kita sehari-hari

Ketua Panitia IKTBS, Abdul Latif H. Syawal

” Jadi sebelumnya kita panitia IKTBS sudah bentuk panitia hari besar Islam yaitu pertama kita awali dengan Hari Besar Maulid Nabi, kemudian kedepan program lainnya seperti Halal Bihalal, Isra Miraj serta program-program lainnya dalam momen hari besar islam dipastikan akan berjalan setiap tahun selama masa periode Ketua Umum IKTBS,” Jelas Abdul Latif.

Untuk itu dirinya mewakili seluruh panitis dan IKTBS dengan berharap, agar dalam momentum ini warga IKTBS bisa memupuk hubungan silaturahim yang lebih kuat agar kedepan program-program hari raya besar Islam bisa berjalan lancar.

Kegiatan peringatan Maulid Besar Nabi Muhammad SAW di Masjid AL-Ma’arif ini dirangkaikan dengan sejumlah pertunjukan hadrah, diantaranya anak-anak remaja dan ibu-ibu majelis Ta,lim dari masjid Al-Ma’arif serta putra-putri yang membawakan salawat darj TPA MASJID Miftahul Khair NN Kota Sorong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top