Bawaslu Kota Sorong Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Pengawas Pemilu 2024

SORONG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Sorong, Papua Barat Daya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan se-Kota Sorong melalui bimbingan teknis (Bimtek) di Rylich Panorama Hotel Sorong, Sabtu (10/02/2024). Bimtek itu dibuka secara resmi oleh Komisioner Bawaslu Kota Sorong, Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HPPH), Nirma Tindoy.

Dalam sambutannya, Nirma menyampaikan kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan berkualitas, peserta wajib memahami tugas pokok dan fungsi pengawas Pemilu yang meliputi tiga aspek, yaitu Cegah, Awasi, dan Tindak.

Komisioner Bawaslu Kota Sorong, Divisi HPPH, Nirma Tindoy saat memberikan bimtek kepada Panwas Distrik se-Kota Sorong di Rylich Panorama Hotel Sorong, Sabtu (10/01/2024).

“Pengawas pemilu harus memperkuat solidaritas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas dalam bekerja,” ujarnNirma Tindoy, Komisioner Bawaslu Kota Sorong, Divisi HPPH.

Dia menambahkan, terkait dengan persiapan Pemulilu pada Tanggal 14 Februari 2024, Bawaslu Kota Sorong serta jajarannya siap melakukan pengawasan pesta demokrasi.

” Kami berharap pemilu dapat berjalan dengan aman dan tertip tanpa kekurangan suatu apapun,” Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panwas Distrik Malaimsimsa, Saiful Umam mengatakan, peningkatan kapasitas ini sangat penting bagi jajaran panwaslu sampai PTPS, mengingat hari pemungutan suara sudah tinggal menghitung jam.

Materi yang disampaikan, kata Saiful, hari ini memberikan pengetahuan baru terkait proses pengawasan pungut dan hitung, sehingga semakin menguatkan kesiapan Panwas dan Jajarannya kebawah dalam mengawasi tahapan pungut dan hitung sehingga diharapkan semua akan berjalan dengan baik dan aman.

” Setelah mendapatkan materi hari ini kami Panwas Distrik Malaimsimsa akan mengaplikasikan/meneruskannya ke Panwas Kelurahan/Desa (PKD) dan Petugas PTPS,” beber Saiful Umam.

Hal yg sama juga disampaikan Ketua Panwaslu Distrik Sorong Manoi, Usri Awal Bahwa, pelaksanaan Bimtek SDM yang berlangsung hari ini mencerminkan sinergitas antara Bawaslu kota Sorong dengan panwaslu distrik sehingga materi yang didapati bisa di aplikasikan kepada PKD dan PTPS

” Dengan begitu kami bisa menjalankan tugas sebagai pengawas sesuai dengan ketentuan yang ada,” Ujar Usri Awal Ketua Panwaslu Distrik Sorong Manoi.

Materi Peningkatan Kapasitas SDM bagi Panwas Distrik se-Kota Sorong disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Kota Sorong, Kordiv HPPH, Nirma Tindoy, Indra Permana Saragih, Koordiv Hukum dan Pengawasan KPU Kota Sorong, Fredy Jitmau Kasubag Teknis Penyelenggara KPU Kota Sorong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top