BAP DPD-RI Provinsi Papua Barat Menerima Pengaduan Masyarakat Kebar Tolak Investasi PT. NLS

IMG 20220717 WA0021

IMG 20220717 WA0021

Matapapua – TAMBRAUW : Aliansi masyarakat Kebar dengan tegas menyatakan tolak masuknya Investasi PT. Nuansa Lestari Sejahtera di Tanah Adat, Lembah Kebar. Hal ini disampaikan langsung kepada Anggota Badan Angkuntabilitas Publik (BAP) DPD-RI Provinsi Papua Barat Yance Samonsabra, SH, M.SI saat berkunjung ke Lembah Kebar, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat. Jumat (15/07/2022).

Telah disampaikam oleh pihak Pemerintah Kabupaten Tambrauw dalam sebuah media online belum lama ini, bahwa Lembah Kebar adalah salah satu Distrik di Kabupaten Tambrauw yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat peternakan sapi yang rencanya akan di kelola oleh PT. Nuansa Lestari Sejahtera.

Namun menurut Aliansi masyarakat Kebar dampak dari hadirnya perusahaan tersebut akan merusak hutan adat dan menganggu aktivitas serta mengancam
keberlangsungan hidup masyarakat Kebar yang sudah menggantungkan hidupnya pada hutan (alam). Hal inilah yang melatarbelakangi aliansi masyarakat Kebar menolak hadirnya PT. NLS.

Selain itu, Lembah Kebar juga termasuk daerah konservasi dengan Pertanian yang tumbuh subur. Namum Peternakan akhir-akhir ini di waspadai dengan penyakit mulut dan kuku yang merupakan penyakit infeksi virus (family Picornaviridae) pada hewan ternak Sapi.

Anggota BAP DPD-RI Provinsi Papua Barat Yance Samonsabra, SH, M.SI saat berkunjung ke Lembah Kebar, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat.

” Lembah Kebar ini merupakan daerah konservasi dan memiliki produksi pertanian yang baik, Bukan Peternakan sapi, Apalagi akhir-akhir ini kita diwaspadai dengan penyakit mulut dan kuku pada Sapi. Tentunya ini akan menganggu kesehatan masyarakat ”

Terkait dengan persoalan itu, Senator Yance Samonsabra mendengar secara langsung dan menerima aspirasi dari aliansi masyarakat Kebar. Baginya, kehadirannya di Distrik Kebar Kabupaten Tambrauw tentunya tidak memihak kepada yang mendukung dan tidak mendukung hadirnya perusahaan tersebut.

Yance Samonsabra yang juga Anggota Badan Akuntabilitas Publik (BAP) DPD-RI. Menyampaikan akan meminta penjelasan kepada PT.NLS terkait pengelolaan perusahaan yang akan diterapkan dan akan melakukan mediasi bersama pihak-pihak terkait.

” Tentu kehadiran saya hari ini mau mendengarkan secara langsung dari masyarakat, meskipun ada oro dan kontra ” jelas Yance

Dia berkomitmen akan memprioritaskan aspirasi ini dan segera menyampaikan kepada pimpinan untuk segera menyurati PT. NLS agar bisa beraudiens di BAP dan pihak-pihak terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top