Yan Piet Mosso : Penanganan Stanting Harus Diprioritaskan

IMG 20221007 003503

Matapapua – SORONG : Stunting merupakan masalah gizi kronis yang dialami oleh anak-anak karena asupan makanan yang belum memenuhi kebutuhan gizi. Biasanya terjadi mulai dari dalam kandungan dan akan terlihat saat anak berusia dua tahun. Untuk meminimalisir keberadaan anak yang mengalami stunting, sudah seharusnya pemerintah mengambil langkah cepat dengan memprioritaskan penanganan masalh stunting.

Merasa hal ini penting, Penjabat Bupati Sorong, Yan Piet Mosso memberikan warning kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong untuk memercepat penanganan stanting. Hal ini tentu menjadi perhatian penjabat bupati karena penanganan stanting sangat penting baginya dan masuk dalam target prioritas yang harus dicapai.

” Masalah stunting ini penting jadi jaya berikan worning kepada dinas kesehatan supaya stanting ini benar-benar harus mendapatkan perhatian melalui program kerja nyata,” kata Yan Piet Mosso saat membuka kegiatan

Menurutnya, penanganan stanting ini membutuhkan kerja cepat dan kolaborasi dengan langkah tepat melalui intervensi spesifik oleh dinas terkait. Kemudian, intervensi sensitif pun perlu dilakukan oleh 8 OPD melalui program strategis guna percepatan penanganan penurunan kasus stanting di Kabupaten Sorong.

“Dinas-dinas terkait itu harus mengambil langkah strategis lewat intervensi sensitif yang kemudian dinyatakan melalui program riel untuk penanganan kasus stunting,” Jelasnya

Kemudian upaya penanganan penurunan stanting harus sampai target yang telah ditentukan, maka diperlukan deklarasi penanganan stanting yang harus dilakukan oleh 8 OPD dan stake holder lainnya yang terlibat di dalam penanganan stanting.

“Jadi tugas pertama saya di sini adalah untuk penanganan stanting, jadi saya kasih warning kepada pak kadis kesehatan dan teman-teman. Karena kasus stanting di Kabupaten Sorong dari 10 distrik ada 274 kasus,” tegasnya.

Karena itu dia berharap kepada OPD terkait agar mengambil langkah startegis melalui intervensi program sehingga target penanganan stanting nantinya bisa tercapai secara baik dan maksimal.

“Jadi saya minta supaya OPD itu jangan membuat program hanya untuk cepat terealisasi namun mengabaikan substansi persoalan. Jadi mari kita perhatikan kondisi stanting ini,” sembari berharap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top