SKK Migas-Petrogas (Island) Ltd Gandeng Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Kabupaten Sorong

SORONG – SKK Migas KKKS Petrogas (Island) Ltd. melaksanakan kegiatan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Bidang Kesehatan di Kampung Kotlol, Distrik Salawati Selatan, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, pada Sabtu (6/4/2024).

Pada kegiatan ini, Petrogas (Island) Ltd. bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sorong melalui Dinas Kesehatan, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sorong dengan sasaran masyarakat sekitar guna melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Kegiatan PPM yang dilaksanakan di Balai Kampung Kotlol ini terdiri dari Skrining Kualitas Gizi Bagi Balita dan Ibu Hamil (Pemberian Makanan Tambahan), serta Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan menghadirkan dokter umum, dokter THT, dokter penyakit dalam, dan dokter kandungan. Sekitar 100 orang menghadiri kegiatan PPM Kesehatannya di mana sekitar 35 peserta di antaranya adalah balita dan ibu hamil dari Kampung Kotlol dan Kampung Dulbatan.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang PPM dan SDA Baperlitbang Kabupaten Sorong, Luis Osok; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong diwakili Kabid Kesejahteraan Keluarga & Gizi, Mustika A. Matto: Ketua ikatan Dokter Indonesia Sorong, dr. Tumpal Simatupang. Sp. Th bersama tim dokter, Perwakilan SKK Migas wilayah Papua dan Maluku, Field Operation Manager Petrogas (Island) Ltd., Ricky Tri Yuandi, Kepala Puskesmas Sailolof, Jihan bersama tim; Kepala Kampung Kotiol Yudas Katamur, bersama masyarakat kampung Kotlol dan kampung Dulbatan.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku Subagyo, menyampaikan kegiatan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) merupakan program yang dilakukan oleh SKK Migas-KKKS sebagai kontribusi kegiatan usaha hulu Minyak dan Gas Bumi dalam mendukung program pemerintah di sekitar daerah operasi.

Field Operation Manager Petrogas (Island) Ltd., Ricky Tri Yuandi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu sinergi yang baik bersama pemerintah Kabupaten Sorong melalui Dinas Kesehatan serta IDI Sorong. “Petrogas (Island) Ltd. berupaya memperhatikan kondisi masyarakat di sekitar wilayah operasi, dengan menjalankan kegiatan-kegiatan PPM.

” Jadi salah satunya PPM Bidang Kesehatan yang kali ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong dan IDI Sorong agar masyarakat dapat memeriksakan kondisi kesehatannya, termasuk skrining kualitas gizi bagi balita dan ibu hamil langsung dengan dokter-dokter dan tenaga medis yang dilibatkan,” terangnya.

Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong yang diwakili oleh Kepala Bidang Gizi dan Kesejahteraan Keluarga, Mustika A. Matto menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan PPM Kesehatan ini.

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Petrogas (Island) Ltd. yang sudah bermitra dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong beberapa tahun belakangan ini untuk pelaksanaan PPM Kesehatan,” ungkapnya

Ia juga menyampaikan bahwa setelah Dinas Kesehatan memperoleh data skrining kualitas gizi balita dan ibu hamil, akan ditindaklanjuti dengan program pemberian makanan tambahan selama 90 hari bagi yang memerlukan.

“Maka dari itu, kami berharap para ibu tidak membawa anak- anaknya jauh-jauh dari rumah selama masa pemberian makanan tambahan agar upaya pemberian makananan tambahan ini maksimal,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kampung Kotiol, Yudas Katamur menyampaikan rasa terima kasihnya atas terlaksananya PPM Kesehatan ini, “Karena koordinasi yang baik antara SKK Migas-KKKS Petrogas (Island) Ltd, Pemerintah Kabupaten Sorong, dan masyarakat, kegiatan ini dapat terlaksana.

” Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Kotlol karena kami dapat melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan baik orang dewasa maupun anak-anak,” Ungkap Yudas

Tonce Seme, salah satu warga Kampung Kotlol juga menyampaikan hal senada, baginya, apa yang dilakukan oleh SKK Migas-KKKS Petrogas (Island) Ltd. dan pemerintah Kabupaten Sorong lewat kegiatan kesehatan ini sangat bermanfaat.

” Kami tidak tahu apa yang ada dalam tubuh kami, namun dengan kegiatan pemeriksaan seperti ini kami bisa tahu penyakit apa yang ada dalam tubuh kami dan tindakan pengobatan apa yang harus kami lakukan,” ungkapnya.

Selain melaksanakan pemeriksaan kesehatan, dalam kegiatan ini, Petrogas (Island) Ltd. juga menyampaikan dukungan tambahan bagi Puskesmas Sailolof, Distrik Salawati Selatan berupa peralatan untuk pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, serta obat-obatan pendukung lainnya yang dibutuhkan dalam kegiatan ini.

Petrogas (Island) Ltd. sebagai operator Wilayah Kerja Salawati merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama yang dalam melaksanakan operasinya berada dalam pengawasan dan pengendalian SKK Migas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top