Raja Ampat Siap Jadi Tuan Rumah Konferensi Misi Nasional 2024 Gerakan Penerjemahan Alkitab Indonesia

Ketua Panitia Orideko Iriano Burdam,dan Panitia Konferensi Misi Nasional 2024 Gerakan Penerjemahan Alkitab Indonesia.(Foto.drk/Matapapua)

MATAPAPUA, Waisai –Raja Ampat Siap Jadi Tuan Rumah Konferensi Misi Nasional 2024 “Gerakan Penerjemahan Alkitab Indonesia”.

Ketua Panitia, Penyelenggara Syamas Orideko Burdam S.I.P, M.M, M.Ec.Dev, menyatakan bahwa Raja Ampat siap menjadi tuan rumah untuk menyukseskan Konferensi Misi Nasional 2024 “Gerakan Penerjemahan Alkitab di Indonesia.

Dijelaskannya Konferensi Misi Nasional 2024 merupakan sebuah anugerah yang diberikan kepada Raja Ampat, di mana melalui forum ini, akan dilakukan pembahasan mengenai kebutuhan penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa-bahasa suku di seluruh Indonesia, agar setiap suku memiliki kesempatan mengalami perjumpaan dan bertumbuh dalam kebenaran kepada Allah melalui Firman Tuhan yang tersedia dalam bahasa yang paling dekat dengan hati mereka, yaitu bahasa ibu. Oleh sebab itu, kami siap memikul tanggung jawab ini sebagai tuan rumah guna melaksanakan misi Allah di Indonesia.“ kata Orideko.

Menurut Wakil Bupati Raja Ampat 2021-2024 ini, Penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa daerah juga bertujuan untuk menjaga dan memproteksi bahasa daerah dari ancaman kepunahan.  Di Raja Ampat, Kartidaya bekerja sama dengan Sinode dan Klasis, sedang melakukan penerjemahan beberapa bahasa yang ada di Raja Ampat, yaitu bahasa Ambell, Kawei, Matbat, Tipin, dan Iha.

Daftar sementara peserta Konferensi Misi Nasional terdiri dari gereja-gereja di wilayah Tanah Papua, Gereja, dan Organisasi Mitra Wycliffe Global Aliance di luar negeri, gereja-gereja mitra penerjemahan Alkitab di Kalimantan dan Sumatera, dan gereja–gereja mainstream anggota Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) di Jawa, Sumatera, Bali, Ambon, dan Sulawesi berdasarkan data Bibleless list.

Panitia konferensi misiologi nasional “Gerakan Penerjemahan Alkitab Indonesia”Sinode GKI di tanah Papua Kartidaya Sahabat Indonesia Tahun 2024.Akan dihadiri seratus lima puluh orang perwakilan gereja-gereja di seluruh Indonesia serta organisasi mitra penerjemahan Alkitab dalam dan luar negeri akan hadir dalam “Konferensi Misi Nasional”, yang akan diselenggarakan di ibukota Kabupaten Raja Ampat, Waisai, Agustus 2024.Rabu 22/5/2024.

Penyebaran ajaran Kristen merupakan perintah ilahi yang dilakukan melalui “Gerakan Penerjemahan Alkitab” ke dalam bahasa-bahasa lokal dan melintasi berbagai budaya di Indonesia. Berdasarkan data bahasa yang dimiliki oleh GaPAI (Gerakan Penerjemahan Alkitab Indonesia)-Kartidaya, terdapat 234 bahasa yang memerlukan Penerjemahan Alkitab dan 108 bahasa ada di Tanah Papua.

Untuk mengatasi hal tersebut, kemitraan gereja dengan lembaga-lembaga misi Penerjemahan Alkitab dalam dan luar negeri memiliki forum yang disebut “Konsultasi Misi” sebagai wadah diskusi dan berbagi tentang Misi Allah dalam konteks lokal maupun nasional.

Konsultasi Misi telah dilaksanakan di Ambon sebanyak dua kali dan Sulawesi Utara satu kali. Pada tahun 2024, GKI Di Tanah Papua dipandang tepat menjadi tuan rumah penyelenggara “Konsultasi Misi“,  dan Badan Pekerja Sinode GKI Di Tanah Papua memberikan kepercayaan kepada GKI Di Tanah Papua Wilayah XI Raja Ampat sebagai Penyelenggara Konsultasi Misi dengan nama “Konferensi Misi Nasional 2024“, di Gereja Alfa Omega Waisai, Agustus 2024.

Panitia pelaksana Konferensi Misiologi Nasional dilantik Sekretaris Sinode GKI Di Tanah Papua: Pdt. Daniel Kaigere S.Th. di Gereja Alfa Omega Waisai, 28 Februari 2024, beranggotakan Anggota BPS Wilayah XI dan Ketua Klasis Wilayah XI Raja Ampat, Ketua-Ketua PHMJ Kotawi Waisai dan pengurus DPC, PAC Ranting dan Garda FGM GKI Se-Raja Ampat.  

Rapat perdana dilaksanakan di Hotel Rylic Panorama, kota Sorong, 22 Mei 2024. Dihadiri: Dra.Helma Dumara dari Kartidaya, Sekretaris Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt. Daniel Kaigere S.Th, Wakil Ketua III, Dr. Naomi Netty Howay, Wakil Sekretaris, Pdt. H. Kakiay S.Th, BPS Wilayah VII, Nimbrod Sesa S.IP, M.M, Pdt. Dolly Kabes S.Th. Dept.Misi Penginjilan Sinode GKI Di Tanah Papua, Ketua Klasis Raja Ampat, Pdt. Raffles J. Mambrasar S.Th, Ketua Klasis Sorong, Pdt. Jeane Haurisa S.Th, M.Si, Wakil Ketua Klasis Sorong, Fanik Tehupiori M.H, Ketua Panitia, Syamas Orideko Burdam S.I.P, M.M, M.Ec.Dev, Sekretaris Panitia, Herman Soor S.Pd, M.Ec.Dev, dan Koord. Sekretariat Joris Stef Omkarsba, Imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top