PWP Kilang Kasim Ajarkan Pola Hidup Bersih dan Sehat bagi 70 Anak-anak di Ninjemur, Papua Barat Daya

 

Ninjemur – Persatuan Wanita Patra (PWP) bekerjasama dengan PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit (RU) VII Kasim mengadakan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak-anak SD Inpres 50 Kampung Ninjemur, Kabupaten Sorong, Jumat (1/3/2024). Kegiatan diikuti 70 siswa-siswi, para guru dan warga di lingkungan SD.

 

Ketua PWP RU VII Kasim melalui Kabid Pendidikan, Cicilia A Djeblo menyampaikan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki kesadaran dalam menjaga kesehatan sedini mungkin. “Anak-anak adalah aset bangsa sehingga perlu dididik sebaik mungkin dalam berbagai hal termasuk perilaku hidup bersih dan sehat. Hidup sehat akan menjauhkan diri dan keluarga dari berbagai ancaman penyakit,” ujarnya.

Dijelaskan, sosialisasi PHBS merupakan agenda rutin PWP bekerjasama dengan CSR PT KPI RU VII Kasim. “Kami rutin menyelenggarakan program ini, mengingat kesehatan adalah nikmat yang harus disyukuri dan selalu dijaga,” imbuh Cicilia.

 

Kepala SD Inpres 50 Ninjemur, Yunus dalam tanggapannya menyampaikan apresiasi atas kepedulian PWP yang menyelenggarakan kegiatan PHBS di wilayah yang terisolir ini. “PHBS sangat penting bagi anak-anak terutama di kampung Ninjemur yang kehidupan masyarakatnya terisolir, jauh dari kota. Warga yang sakit harus menempuh perjalanan yang sangat jauh untuk mengakses fasilitas kesehatan,” katanya.

 

Selain itu lanjut Yunus, saat musim kemarau warga selalu kesulitan mendapatkan air bersih, berdampak pada ancaman berbagai penyakit karena air yang kotor. ”Maka kami sangat berterimakasih, program dari PWP ini tepat dilaksanakan di sini,” imbuhnya.

 

Dalam pemaparan materi oleh Tim CSR RU VII Kasim, disampaikan tujuh hal sederhana PHBS yang harus dilakukan sehari-hari. Seperti kebiasaan mencuci tangan menggunakan air mengalir dengan sabun, konsumsi jajanan/makanan sehat, penggunaan toilet yang bersih dan sehat, rutin berolahraga, membuang sampah pada tempatnya, memberantas jentik nyamuk, serta menimbang berat dan tinggi badan secara rutin.

 

Sosialisasi PHBS juga dilengkapi pemberian makan siang gratis, bingkisan makanan dan _washbag_ berisi peralatan kebersihan untuk seluruh anak-anak dan bantuan peralatan kebersihan untuk sekolah.

 

Area Manager Communication, Relations, CSR & Compliance PT KPI RU VII Kasim, Ferdy Saputra mengatakan kegiatan ini sebagai tanggung jawab dan kepedulian perusahaan untuk terus memberikan dampak positif bagi masyarakat. “Kami berkewajiban melayani masyarakat dalam peningkatan kesehatan dan pada kesempatan ini berkolaborasi dengan ibu-ibu PWP,” ungkapnya.

Ditambahkan, selain sosialsiasi PHBS pihaknya juga melaksanakan program kesehatan lain di wilayah Distrik Seget, seperti pelatihan kader posyandu, pengobatan klinik terapung dan membantu kegiatan Puskesmas setiap bulan. “Semoga yang kami lakukan memberikan manfaat dan turut berkontribusi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” tutup Ferdy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top