Pimpin Upacra Persami Pramuka Saka Wira Kartika, Danrem 181/PVT Sebut Pramuka Merupakan Sarana Edukasi Lingkungan

SORONG – Danrem 181/PVT Brigjen TNI Totok Sutriono, S.Sos.,M.M., menyebut Pramuka adalah sarana untuk pengetahuan/edukasi terhadap pelestarian lingkungan yang menjadi tugas bagi seluruh masyarakat yang berinteraksi dengan lingkungan termasuk anggota Pramuka.

Hal ini disampaikan Brigjen TNI Totok Sutriono saat memimpin Upacara Persami Saka Wira Kartika Tahun 2024  yang diikuti sekitar 70 0rang peserta Pramuka dari sejumlah SMA dan SMK Kota Sorong yang berlangsung di Lapangan Golf Korem 181/PVT Jl. Pramuka No. 1 Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya, Sabtu (03/02/2024).

Danrem 181/PVT Brigjen TNI Totok Sutriono saat memebacakan amanat Kapala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Selaku Pembina Saka Wira Kartika Tingkat Nasional, menyampaikan ungkapan terimakasih kepada seluruh pihak panitia yang telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan ini sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

” Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali anggota Pramuka,” Ungkap Brigjen TNI Totok Sutriono.

Brigjen mengatakan, TNI AD Melaksanakan pembinaan kepramukaan saka wira kartika sebagai bentuk tanggug jawab moral dan panggilan jiwa untuk menbina serta karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

” Terselenggaranya kegiatan Persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar,” imbuhnya.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistem serta mencegah pemanasan global. Selaras dengan tema kegiatan yaitu “Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah.

” Makna dari tema ini pun harmonis dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua berupa “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”. Tegasnya.

 

Untuk itu dirinya berpesam kepada anggota Pramuka agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Ilmu yang didapatkan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan harapan akan menjadikan generasi muda bangsa yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela Negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar.

Dalam kesempatan ini, diakhir kegiatan Danrem 181/PVT beserta tamu undangan dan peserta Pramuka Saka Wira Kartika melaksanakan penanaman pohon secara bersama-sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top