Pemkab Sorong Terima Penghargaan Maturitas SPIP Level 3 dari BPKP

IMG 20200203 231601

IMG 20200203 231601

Matapapua – Aimas : Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai instansi pembina penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) memberikan penghargaan kepada pemerintah Kabupaten Sorong atas capaian Maturitas SPIP dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sorong, Senin (3/2).

Bupati Sorong, Johny Kamuru saat menerima penghargaan atas capaian Maturitas SPIP Level 3 mengatakan implementasi SPIP terintegrasi dengan pelaksanaan program nasional peningkatan kualitas penyelenggaraan SPIP diharapkan dapat memberikan dampak kepada penyelenggaraan pemerintahan daerah, hal tersebut sejalan dengan komitmen Presiden yang meminta agar mampu menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik, akuntabel, responsif, lincah dan cekatan yang sejalan juga dengan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Sorong ‘ Memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan, profesional dan akuntabel’, oleh karena itu, semangat yang terkandung dalam menghadirkan sumber daya manusia aparatur pengawasan internal pemerintah yang unggul, profesional dan menjadikan upaya pencegahan korupsi sebagai prioritas kerja.

” Prestasi yang diraih pada saat ini bisa dipertahankan atau ditingkatkan lagi. Dengan demikian, peringkat Kabupaten Sorong dalam dua bidang tersebut meningkat menjadi level 4 dan kinerjanya juga semakin baik, dan tata kelola keuangan serta pelaksanaan kegiatan dari semua OPD dari perencanaan sampai pelaksanaan bisa berjalan lebih baik lagi ” kata Bupati Sorong, Johny Kamuru.

Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Riki Antariksa mengatakan untuk Maturitas SPIP level 3 ditanah Papua dan Papua Barat untuk tingkat Kabupaten dan Kota baru diperoleh pemerintah Kabupaten Sorong, artinya sistem pengawasan yang diterapkan telah berjalan baik sesuai aturan, dan level 3 umumnya diperoleh pemerintah didaerah barat Indonesia, Kementerian dan Lembaga.

” Di Papua Barat ada 14 Pemda, Kabupaten Sorong merupakan yang pertama kali mencapai level 3, baik SPIP maupun akun diretas APIP. Jadi untuk seluruh Papua raya kabupaten Sorong boleh berbahagia menjadi yang pertama mendapatkan level 3 ” ujar Riki Antariksa.

Dalam pemberian penghargaan atas sistem pengendalian Internal pemerintah (SPIP) terdapat 5 level penilaian, dan hingga saat ini, baru Kementerian Keuangan yang telah mencapai level 4.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top