Pemkab Sorong Teken Hibah Dana Pilkada 2024 Dengan KPU Sebesar Rp56,2 Miliar

AIMAS – Pemerintah Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya teken Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) srbesar Rp56,2 milliar dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Penjabat Bupati Sorong, Yan Piet Moso mengatakan, penyaluran dana Pilkada 2024 tersebut tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan KPU setempat yang ditandatangani bersama Ketua KPUD Kabupaten Sorong Frengki Duwit di Sorong pada Jumat malam, (10/11/2023).

“Anggaran yang diusulkan dari KPU senilai Rp70 miliar tapi setelah dilakukan rapat bersama tim anggaran pemerintah maka berdasarkan pertimbangan akhirnya kita putuskan dana hibah sebesar Rp56,2 miliar,” jelas Pj Bupati, Yan Piet Mosso.

Pj Bupati mengatakan, Realisasi anggaran hibah itu disalurkan dalam dua tahapan, yakni tahap pertama 40 persen dianggarkan dalam APBD Perubahan 2023, kemudian sisa 60 persen nanti dianggarkan pada APBD 2024.

Tahapan Pemilu dan Pemilukada 2024, kata YP Moso, semua pihak ikut serta bertanggungjawab untuk memastikan penyelenggaraan momentum tersebut untuk mencapai kesuksesan pesta demokrasi 2024 . Karena menurutnya negara dan pemerintah daerah serta masyarakat berharap melalui sistem dekomrasi dan politik akan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas.

“Sistem demokrasi yang berkualitas akan melahirkan kualitas pemimpin. Ini diciptakan penyelenggara pemilu dan masyarakat. Karena itu kita berharap KPU benar-benar menjalankan proses itu sebaik mungkin,” harap Mosso.

Seluruh tahapan pada Penyelenggaraan pemilu harus berjalan sesuai dengan mekanisme. Kamudian satu hal penting adalah sama-sama menjaga Pemilu dan Pemilukada 2024 aman, lancar dan sukses.

“Kita harus bertanggung jawab bersama mulai dari tahapan awal Pemilu dan Pemilukada supaya berjalan aman. Saya percaya bahwa KPU bisa menjankan pesta demokrasi ini dengan baik. Maka diharapkan supaya KPU terus melakukan koordinasi dengan pemerintah, karena pemerintah diberi tanggung jawab besar untuk mengawal proses ini sampai sukses,”

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sorong, Frengki Duwit menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong atas dukungan konkret KPU untuk menjalankan proses Pilkada di wilayah itu.

“Saya atas nama komisioner menyampaikan terima kasih atas bantuan ini. Karena Pilkada tidak bisa berjalan tanpa sukungan penuh dari pemerintah,” kata Ketua KPU, Frengki.

Frengki mengakui bahwa Sesuai dengan instruksi Kemendagri, bahwa penyerahan NPHD terakhir malam ini, dan kami akan mulai menjalankan tahapan pilkada 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top