Netralitas TNI-Polri Dalam Menjaga Keamanan dan Kelancaran Pesta Demokrasi 14 Februari 2024

SORONG – Danrem 181/PVT Brigjen TNI Totok Sutriono, S.Sos.,M.M., bersama Kapolresta Sorong Kota Kombes Pol Happy Perdana Yudianto, S.I.K., M.H. menghadiri kegiatan Buddy Talk atau Dialog Pagi dengan tema “Netralitas TNI-Polri Dalam Pesta Demokrasi,”.

Dialog tersenut bertempat di kantor LPP RRI Kota Sorong, JL. Jenderal Ahmad Yani, No. 44, KLA Demak II, Kampung Baru, Distrik Sorong, Kota Sorong, Provinsi. Papua Barat Daya, Rabu (31/01/2024).

Danrem 181/PVT Brigjen TNI Totok Sutriono, S.Sos., M.M., menjelaskan, Korem 181/PVT membawahi lima Kodim diantaranya Kodim 1802/Sorong, 1805/Raja Ampat, Kodim 1807/Sorong Selatan, Kodim 1809/Maybrat dan Kodim 1810/Tambrauw, dimana setiap Kodim memiliki peran masing-masing dengan jumlah personel kurang lebih sekitar 1.700 personel.

Danrem mengatakan, TNI sifatnya adalah membantu mendukung kegiatan daripada Polri sehingga untuk pengerehan personel dari jajaran TNI ini tergantung pada personel Polri, tetapi pihaknya sudah menyiapkan personel terutama Babinsa akan bersiap di desa masing-masing.

” Jadi tidak berada di tempat pemungutan suara. Untuk daerah yang agak rawan kita akan buat titik kuat dengan personel yang agak banyak dan nanti akan kita atur lagi jumlah personel yang berada di titik kuat tersebut,” Tutur Danrem 181/PVT Brigjen TNI Totok Sutriono.

Brigjen TNI Totok juga menegaskan bahwa, tidak ada pengarahan khusus kepada anggota untuk memenangkan atau memihak ke salah satu paslon tertentu. Ia menegaskan, bahwaTNI mau tidak mau harus Netral.

“Kami juga berharap masyarakat jangan sampai golput karena pemilu akan menentukan nasib bangsa Indonesia,” Harapannya.

Sementara itu Kapolresta Sorong Kota Kombes Pol Happy Perdana Yudianto, S.I.K., M.H. menyampaikan bahwa, kurang lebih tanggal 13 februari 2024, pihaknya akan memgerahkan personil Polri yang sudah diberikan pelatihan khusus untuk berada di posisi masing-masing.

Selain anggota Polri, kata Kapolresya, pihaknya juga sudah melatih anggota Linmas kurang lebih 1.400 orang untuk ikut mendukung dan mengsukseskan pesta demokrasi pada 14 februari nanti.

“Kita di Polresta Sorong juga menyiapkan posko operasi mantabrata call center 081240275738 jadi kami menerima seluruh keluhan masyarakat terkait penyelenggara pemilu nanti akan kami sampaikan kepada penyelenggara pemilu maupun pengawas pemilu manakala ditemukan pelanggaran-pelanggaran terkait pemilu,” pungkasnya.

Kombes Pol Happy Perdana Yudianto
menambahkan, sasaran pengamanan tidak hanya di TPS tetapi juga akan mengamankan lokasi-lokasi lain seperti rumah atau lokasi yang sepi pada saat pemilu dan pihaknya juga akan selalu melaksanakan patroli.

” Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat pada saat bapak ibu sekalian pergi ke TPS jangan lupa selalu menjaga keamanan rumah,” ujar Kombes Pol Happy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top