Memperluas Pemanfaatan QRIS, BI & Pemkot Sorong Gelar Pasar Murah

SORONG – Dalam rangka memperluas pemanfaatan QRIS, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat bersama Dinas Ketahanan Pangan Kota Sorong serta pihak perbankan menggelar kegiatan pasar murah dan pasar ramadhan, bertempat di halaman Kantor Walikota Sorong, Jumat (5/4/2024).

Selain memperluas pemanfaatan QRIS, Kantor Perwakilan BI Papua Barat dan Pemkot Sorong menggelar kegiatan pasar murah juga sebagai upaya pengendalian inflasi.

Mewakili Pj Wali Kota Sorong, Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kota Sorong, Thamrin Tajuddin mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat dalam rangka menjalin kemitraan bersama pemerintah.

” Tentunya goals yang ingin dicapai melalui kegiatan tersebut, yakni sebagai upaya pengendali inflasi sekaligus untuk memperluas pemanfaatan QRIS sebagai salah satu kanal pembayaran dan juga menjadi kegiatan yang sangat strategis guna memperluas pemanfaatan QRIS di kalangan masyarakat yang masih perlu didorong. Seiring berkembangnya zaman, kita sudah harus membiasakan diri melakukan pembayaran secara cashless,” ujar Tramrin Tajuddin.

Menurutnya, saat ini masyarakat harus berfikir lebih moderat, bahwa tidak perlu lagi membawa uang cash di tangan untuk melakukan transaksi pembayaran. Sebagai solusi, masyarakat dapat Melakukan pembayaran secara digital melalui fasilitas QRIS yang disediakan Bank Indonesia melalui mobile banking.

“Ini merupakan salah satu akses yang diberikan Bank Indonesia untuk memberikan kemudahan dalam transaksi pembayaran. Tentunya ini juga akan memberikan dampak positif terhadap keinginan kita untuk berbelanja dimanapun,” lanjutnya.

Ia menambahkan, kegiatan pasar murah dan pasar ramadhan kali ini juga melibatkan 42 UMKM binaan Dinas Koperasi Kota Sorong serta sejumlah distributor. Tidak hanya itu, pada kegiatan tersebut juga terdapat booth penukaran uang baru dengan pecahan kecil yang juga dibutuhkan masyarakat saat hari raya.

“Ada juga layanan penukaran uang oleh Bank Papua dengan total ketersediaan uang sebanyak Rp 250 juta. Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang baru dengan pecahan kecil untuk persiapan hari raya, boleh langsung datang ke booth Bank Papua,” bebernya.

Menyambut Idul Fitri, Bank Indonesia juga membagikan voucher belanja senilai Rp 30.000 yang dapat diperoleh secara cuma-cuma oleh masyarakat dengan cara memindai barcode QRIS di booth Bank Indonesia.

Sementara itu, sesuai arahan Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad, masyarakat dihimbau untuk ikut berkontribusi melakukan pengendalian inflasi dengan cara berbelanja bahan pangan secukupnya sesuai kebutuhan. Sebab pemerintah telah menjamin bahwa stok bahan pangan masih sangat cukup untuk dua hingga tiga bulan ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top