KPU Papua Selatan Mulai Gelar Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemilu 2024

Merauke, Matapapua.com – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi Papua Selatan mulai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 di Merauke, Kamis (7/3).

Ketua KPU Papua Selatan Theresia Mahuze dalam sambutan mengatakan bahwa kita patut bersyukur karena tahap pemungutan suara Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh 12.390 anggota KPPS pada 1.770 TPS di 80 Distrik empat kabupaten Provinsi Papua Selatan pada tanggal 14 sampai dengan 15 Februari 2024 berjalan lancar dan aman.

Dia mengatakan bahwa dari proses perjalanan pelaksanaan seluruh tahapan secara khusus tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilu di setiap tingkatan baik KPPS, PPD, KPU Kabupaten sampai dengan Provinsi beberapa diantaranya diwarnai dengan permasalahan.

Dikatakan bahwa satu contoh adanya pelaksanaan pemungutan suara ulang dan susulan yang dilaksanakan pada 6 TPS beberapa waktu lalu di Mappi dan Asmat. Selain itu, disertai juga ada beberapa aksi-aksi masyarakat pada saat pleno di tingkat kabupaten yang kemudian menjadi catatan evaluasi bagi KPU secara internal.

“Seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak, permasalahan tersebut adalah bagian dari pembelajaran ke depan khususnya KPU sebagai penyelenggara dalam meningkatkan integritas kinerja serta lebih aktif berkoordinasi lintas instansi dengan tujuan menciptakan harmonisasi dan kerjasama yang baik untuk proses demokrasi berkualitas,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa seluruh tahapan Pemilu di Provinsi Papua Selatan berjalan baik lancar tak terlepas atas kerjasama dan koordinasi yang baik seluruh elemen. Terlebih khusus dukungan penuh pemerintah provinsi Papua Selatan jajaran yang aparat keamanan dari TNI maupun Polri, Kejaksaan instansi atau lembaga vertikal, partai politik peserta pemilu dan rekan-rekan media.

Ditambahkan bahwa rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 akan berlangsung 7 – 10 Maret 2024 yang dimulai dengan KPU Boven Digoel hari pertama. Kemudian dilanjutkan hari kedua KPU Merauke, hari ketiga KPU Asmat dan hari terakhir 10 Maret 204 KPU Mappi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top