KPU Gelar Pelantikan dan Bimtek 110 Anggota PPD Merauke

Merauke, Matapapua.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Merauke melakukan pelantikan disertai bimbingan teknis bagi 110 orang anggota Panitia Pemilihan Distrik atau PPD untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Merauke, Kamis (16/5).

Ketua KPU Merauke, Rosina Kebubun mengatakan bahwa 110 orang anggota PPD pada 22 Distrik di Kabupaten Merauke akan bertugas untuk menyelenggarakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Merauke.

Dia berharap proses tahapan Pilkada serentak 2024 ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh PPD sehingga pemilihan nantinya dapat berjalan dengan lancar dan aman sesuai prinsip penyelenggara Pemilu.

Dikatakan bahwa untuk bimbingan teknis materi yang diberikan pertama terkait dengan bagaimana membangun hubungan komunikasi kerja antara KPU dan PPD serta penyelenggara tingkat bawah.

Selain itu, juga narasumber dari pihak Bawaslu terkait bagaimana pengawasan Pilkada serta pihak kepolisian terkait penegakan hukum dan proses penyidikan tindak pidana Pemilu.

“Begitu pula narasumber dari pihak Kejaksaan untuk menekankan bagaimana proses penegakan hukum yang dilakukan bagi tindak pidana Pemilu,” ujarnya

Ditambahkan bahwa PPD juga mendapatkan materi tentang pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan karena mengingat bahwa proses kegiatan tahapan Pilkada menggunakan anggaran negara yang tidak sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top