Kejuaraan Open Championship 2023 menjaring bibit pembalap Papua Selatan 

Merauke (Mata Papua) – Ikatan Motor Indonesia (IMI) Papua Selatan menggelar kejuaraan Gubernur Cup Papua Selatan Open Championship 2023 sebagai semangat HUT Provinsi Papua Selatan pertama serta ajang penjaringan bibit pembalap profesional.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Papua Selatan, Rison R. Siala di Merauke Kamis (30/11), mengatakan bahwa kejuaraan balap motor tersebut selain dalam rangka semangat HUT Provinsi Papua Selatan pertama, juga mencari bibit-bibit pembalap unggul untuk menghadapi PON 2028 nanti.

Dia menyampaikan bahwa kejuaraan balap motor yang digelar 2-3 Desember 2023 di Sircuit Waninggap Sai Gautak Fregeb Kebun Coklat Tanah Miring Merauke ini, ada sejumlah pembalap datang dari luar daerah, seperti Papua Barat, Makassar, Jawa Tengah, Jayapura, dan DKI Jakarta.

Kejuaraan ini, katanya, melombakan tiga kelas masing-masing kelas open, yakni bebek 4 tak 150 CC TU MIX, bebek 4 tak 130CC TU, dan bebek 2 tak 125 CC STD. Pada kejuaraan kali ini panitia membuka kelas khusus untuk pembalap umur 20 tahun.

Menurutnya, tujuan kelas khusus tersebut untuk menjaring pembalap-pembalap Papua Selatan profesional untuk terus dibina dalam menghadapi PON 2028 mendatang.

“Sebab Pj Gubernur Papua Selatan sudah menekankan bahwa untuk di Papua Selatan dalam mengikuti PON tidak menggunakan pembalap-pembalap dari luar daerah. Pernyataan tersebut tidak hanya untuk IMI, tapi untuk semua cabang olahraga sehingga harus mempersiapkan baik atlet dari sekarang,” ujarnya.

Ditambahkan bahwa kejuaraan Gubernur Cup Papua Selatan Championship merupakan agenda perdana yang dilaksanakan pasca kepengurusan IMI Papua Selatan terbentuk Agustus 2023 lalu.

“Hadiah kejuaraan ini ada tiga unit sepeda motor dan juga hadiah lainnya yang menarik,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top