Disnaker Kabsor Beri Pelatihan Keterampilan Mengolah Bahan Pangan Lokal

IMG 20200706 222114

IMG 20200706 222114

Matapapua – Aimas : Kegiatan terapan teknologi Processing pengunaan/ pengolahan bahan pangan lokal yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sorong diikuti 2 kampung yaitu Kampung Wariau dan Kampung Wonosari, Distrik Klamono, yang berlangsung di hotel Aquarius Aimas, Senin (6/7), kegiatan ini merupakan program peningkatan kesempatan kerja khususnya bagi perempuan Papua.

Ketua PKK Kabupaten Sorong, Ny. Junita Linda Kraar Kamuru saat membuka secara resmi kegiatan pengolahan bahan pangan lokal, yang dilaksanakan oleh dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Sorong mengatakan dinas tenaga kerja dan transmigrasi merupakan patner kerja dari pada PKK Kabupaten Sorong, melalui program pelatihan ini akan memberikan kesempatan kerja bagi kaum perempuan, sehingga nantinya jika telah memiliki keterampilan dapat membantu peningkatan pendapatan keluarga.

” Kami PKK Kabupaten Sorong memberikan apresiasi setinggi-tingginya buat Kepala Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Sorong, yang pada hari Senin 6 Juli 2020, Kepala Dinas melaksanakan kegiatan pembukaan pengolahan atau Processing bahan baku pangan lokal buat 2 kampung yang ada di distrik klamono yang diikuti 20 peserta dari distrik klamono” kata Ketua PKK Ny. Junita Linda Kamuru.

” harapan kami dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Sorong yang diikuti oleh 20 peserta ini membawa dampak yang positif yang pertama untuk mama-mama Papua, bagaimana dapat berwirausaha yang baik dengan menggunakan bahan baku pangan lokal yang ada di sekitar distrik atau Kabupaten Sorong, seperti kasbi, petatas, keladi, jagung, dan juga sagu, bagaimana mengolah bahan baku pangan lokal ini menjadi suatu makanan yang betul-betul bisa dikonsumsi sendiri, dan juga bisa dijual untuk menunjang kebutuhan daripada kita punya mama mama Papua yang khususnya mereka yang mempunyai usaha kecil-kecilan yang ada di distrik setempat ” ucapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sorong, Eliaser Kalami, S. Sos., mengatakan program pelatihan ini sangat penting, pelatihan ini juga untuk mengisi waktu ditengah pandemi virus corona ini, dalam pelatihan selama 5 hari ini tetap mematuhi protokol kesehatan, melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan prekonomian dan pertumbuhan pangan, agar dapat menghasilkan pendapatan atau meningkatkan perekonomian keluarga.

” Harapan kami setelah mama-mama yang mengikuti kegiatan pelatihan ini mereka tidak keluar dari rumah dan tetap berada ditempat yaitu Klamono atau kampung-kampungnya, dengan menggunakan peralatan yang diberikan serta keterampilan pengolahan bahan pangan lokal dari kegiatan ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga, target dari pelaksanaan ini untuk pelatihan Processing agar mereka bisa meningkatkan perekonomian keluarga” jelasnya.

Kegiatan pengolahan bahan pangan lokal yang dilaksanakan ini oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sorong akan berlangsung selama 5 hari diikuti 20 peserta dari 2 kampung yaitu Wariau dan Wonosari – distrik Klamono, setelah pelatihan ini, diimbau agar peserta dapat membagikan keterampilan membuat olahan bahan pangan lokal kepada warga dimana peserta berasal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top