Dibawah Kepemimpinan George Yarangga, Dinas Pendidikan PBD, Mendorong Mutu SDM Hingga ke Manca Negera

filter: 0; fileterIntensity: 0.0; filterMask: 0; captureOrientation: 0; brp_mask:0; brp_del_th:null; brp_del_sen:null; module: photo;hw-remosaic: false;touch: (-1.0, -1.0);sceneMode: 8;cct_value: 0;AI_Scene: (-1, -1);aec_lux: 0.0;aec_lux_index: 0;albedo: ;confidence: ;motionLevel: -1;weatherinfo: null;temperature: 30;

Plt. Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. PBD, Dr. George Yarangga, A.Pi., MM

SORONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat Daya, terus berupaya memberikan dukungan terhadap anak Asli Papua, khususnya di bangku Pendidikan untuk belajar ke Manca Negera melalui program Beasiswa Generasi Emas (Bis Gemas) jalur Vokasi, yang bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Golden Gate ke 4 Negara yakni Cina, Amerika Serikat, Swiss dan Jepang.

OPD yang dipimpin Dr. George Yarangga, A.Pi., MM ini selalu memberikan kepedulian terhadap SDM yang unggul dan mampu memberikan dorongan agar persaingan SDM Papua Barat Daya bukan hanya di tingkat Lokal dan Nasional saja, namun mampu menunjukan eksistensi hingga ke tingkat Manca Negara.

Hal ini bukan hanya sebatas wacana namun telah memberikan bukti yakni melalui Program Prioritas Pj. Gubernur Papua Barat Daya “Bis Gemas” Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat Daya telah mengirim puluhan Siswa penerima Bis Gemas untuk mengikuti Pendidikan Vokasi ke Luar Negeri.

“Sejak saya menjabat sebagai Plt. Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Barat Daya tanggal 23 November 2023, lalu saya langsung eksis dengan menindak lanjuti program Prioritas Pj. Gubernur yang mana, terdapat 5 program prioritas dan ada 1 diantaranya yang melekat dengan dinas Pendidikan yakni Bis Gemas. Sehingga dapat kita realisasikan pada tahun 2023, lalu termasuk di dalamnya adalah program pendidikan Vokasi ini, ” Jelas Yarangga yang juga merupakan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan di Provinsi Papua Barat Daya tersebut saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Plt. Kepala dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. PBD yang juga Staf Ahli Gubernur bidang Ekbang, Dr. George Yarangga, A.Pi., MM

Dijelaskan Yarangga, bahwa Peserta Program Bis Gemas yang akan menjalani Pendidikan Vokasi tersebut untuk sekolah Bisnis dan Managemen perhotelan di Swiss, California State University dan Bernanrdino Amerika Serikat, Jining Polytechnic di China, serta Jepang. “Mereka Peserta Program Bis Gemas Pendidikan Vokasi ini telah diberangkatkan pada awal tahun 2024 lalu, ” Ujar Yarangga.

Yarangga, Mengharapkan dengan adanya dorongan Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini, dapat menumbuhkan SDM yang handal dan siap untuk kembali membangun Provinsi termuda di Indonesia ini. “Kita akan terus mendorong generasi emas Papua untuk terus belajar dan mencapai persaingan Global dan mampu memberikan kontribusi bagi mutu Pendidikan di Provinsi yang kita cintai bersama ini, ” Harap Sosok pemimpin yang sangat rendah hati ini kepada Mata Papua.

Selain Pendidikan Vokasi ke luar Negeri, Lanjut Yarangga, Melalui Program Prioritas Pj. Gubernur Bis Gemas, Dinas Pendidikan Papua Barat Daya juga telah merealisasikan pembayaran biaya Pendidikan pada tahun 2023 kepada para Mahasiswa Papua Barat Daya dengan ketentuan Mahasiswa OAP 80 % dan 20 % Mahasiswa Nusantara.

Lanjut Yarangga, Adapun Rencana program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Barat Daya akan menyiapkan pembukaan Kampus Vokasi Pariwisata untuk memberikan peluang dan dorongan bagi generasi emas Papua untuk mengemban pendidikan di bidang Vokasi dan kepariwisataan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top