Buktikan Komitmen, Pj. Bupati Maybrat Pastikan Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakatnya

Matapapua – Sorong : Pemerintah Kabupaten Maybrat terus berkomiten menjaminkan masyarakatnya ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ini dilakukan sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Maybrat dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan bagi penduduknya. Hal tersebut dipastikan oleh Pj. Bupati Maybrat, Bernhard Eduard Rondonuwu saat melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja tentang Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2024 antara Pemerintah Kabupaten Maybrat dengan BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Kamis (07/12).
Bernhard menegaskan pihaknya akan terus mendukung program stategis nasional salah satunya dalam bidang kesehatan. Ini merupakan tahun kedua setelah sebelumnya dirinya juga melakukan penandatanganan dengan pihak BPJS Kesehatan. Adanya komitmen kerja sama ini, membuat masyarakat yang memiliki kartu identitas sebagai penduduk Kabupaten Maybrat tidak perlu khawatir jika sewaktu waktu membutuhkan pelayanan kesehatan karena sakit.
“Kehadiran BPJS Kesehatan mampu mendorong kualitas pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, sehingga diharapkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Maybrat dapat terus meningkat,” kata Bernhard.
Dirinya melanjutkan, pemerintah daerah juga akan terus berupaya mendukung tersedianya fasilitas kesehatan yang terbaik di wilayahnya. Menurutnya feedback yang objektif dari BPJS Kesehatan akan sangat membantu pihaknya dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu layanan kesehatan di Kabupaten Maybrat.
“Kami berharap kolaborasi yang telah terjalin baik selama ini dapat terus berjalan demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Maybrat,” lanjut Bernhard.
Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Gilang Yoga Wardanu mengatakan, dengan anggaran yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Maybrat, telah mampu memastikan penjaminan kesehatan bagi 8.169 jiwa penduduk di Kabupaten Maybrat. Angka ini diharapkan akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
“Perlu diketahui bahwa Kabupaten Maybrat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Papua Barat Daya yang telah meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) dengan perlakukan khusus atau yang lebih dikenal dengan istilah UHC non cut off, dimana masyarakat yang belum terdaftar dan memiliki kartu identitas Kabupaten Maybrat dapat langsung didaftarkan dan jika sakit dapat ditangani di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” jelas Yoga.
Yoga pun berharap kedepannya akan ada fasilitas kesehatan tingkat rujukan di Kabupaten Maybrat yang akan bekerjasama dengan pihaknya, sehingga Masyarakat peserta Program JKN dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih mudah dan dapat ditangani dengan lebih cepat tanpa harus dirujuk ke luar Maybrat jika memerlukan penanganan lebih lanjut.

“Kami tentunya akan selalu siap berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten Maybrat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi Masyarakat,” pungkas Yoga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top