Wabup Sorong Meluncurkan Aplikasi SI DASI OPD

IMG 20200702 214901

IMG 20200702 214901

Matapapua – Aimas : Launching Proyek Perubahan sistem integrasi data dan informasi OPD ” SI DASI OPD” yang diinisiasi oleh Marthen Nebore, peserta Diklat Pimpinan Tingkat II angkatan IV dilakukan langsung Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono, Kamis (2/7) yang berlangsung di kantor Dinas Kominfo, Statistik Persandian Kabupaten Sorong.

Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono, S. Sos., M. Si., mengatakan Launching proyek perubahan dari kominfo berkenaan dengan aplikasi SI DASI OPD ini perlu didukung agar pengaturan data maupun informasi yang bersumber dari satu aplikasi, serta database yang terintegrasi secara real.

” Kami pemerintah dengan proyek perubahan yang sangat mendukung, karena mengatur satu data, satu sumber database yang terintegrasi karena bagaimanapun dengan data pemerintah membuat kebijakan akan lebih mudah untuk menentukan kebijakan pembangunan yang ada, ini data yang akurat dari setiap OPD, jadi setiap bahan yang kita ekspos pengguna atau stakeholder yang ada di internal kita maupun eksternal kita bisa mengetahui sehingga dengan kebutuhan-kebutuhan data menjadi hal yang sangat fundamental untuk mengetahui sejauhmana perkembangan kemajuan pemerintah daerah” kata Wakil Bupati Suko Harjono ditemui usai meluncurkan aplikasi SI DASI OPD.

Program aplikasi SI DASI OPD terbaru pasti terjadi hambatan, secara step-by-step nantinya dari Dinas Kominfo bisa menyambungkan antar OPD agar kedepan pihak luar yang ingin mengetahui data dan informasi secara real bisa terhubung, dan mendapatkan data yang valid.

” Jika pihak luar yang ingin mengetahui secara jelas, secara real, bisa langsung connect dengan pihak yang bersangkutan sehingga kominfo ini sebagai satu pengendali database yang ada di Kabupaten Sorong, yang Valid dan akurat. Kominfo harus siap menyajikan data dengan baik dengan tidak terjadi tumpang tindih data, apabila ada data yang tidak sinkronnya, itu yang tidak diinginkan ” ucapnya.

Kepala Dinad Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Sorong, Marthen Nebore, S. Sos., M. Si., seklaigus reformer Diklat Pimpinan tingkat II angkatan IV LAN Makassar menyebutkan menu yang saat ini di launching oleh wakil bupati baru untuk Sistem Data Pegawai (SIMPEG) Kabupaten Sorong, melalui data ini dapat ketahui secara baik jumlah pegawai, jumlah laki-laki dan perempuan, masa pensiun sampai dengan kepangkatan, Jabatan itu semua akan dapat dilihat melalui aplikasi SI DASI, yang kedepan ditargerkan untuk semua OPD.

” Targetkan dalam pelaksanaan proper ini akan dilakukan untuk 5 sample OPD namun sayang hingga saat ini baru dari OPD Kepegawaian karena kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk terhubung semua, sementara waktu kita sangat terbatas, karena Proyek Perubahan ini akan diujikan pada tanggal 14 Juli di Makassar, dengan situasi kondisi saat ini memang masih banyak kendala, banyak yang belum bisa tersambung dan terintegrasi, karena masih ada OPD yang belum mempunyai aplikasi, kalau memang aplikasi secara nasional seperti Bursa Tenaga Kerja, ataupun dukcapil dan Disnaker tinggal masuk sudah langsung terhubung” jelas Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan persandian, Marthen Nebore.

Sesuai target, dibulan Agustus nanti aplikasi ini sudah bisa dipergunakan dengan baik, sebab masih banyak rencana tahapan beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan, kendati disadari inovasi ini tidak dapat sekaligus Langsung bisa berjalan, mengingat dibutuhkan langkah bertahap agar seluruh data dapat dilihat dengan real dan valid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top