UNIMUDA Rilis 4 Penelitian dan 4 Pengabdian Program MBKM

IMG 20220107 WA0061 1

IMG 20220107 WA0061 1

Matapapua – Kabupaten Sorong : Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong pada tahun 2021 memenangkan berbagai hibah baik dari pemerintah maupun lembaga swasta. Salah satu hibah yang bergensi yang dimenangkan oleh UNIMUDA Sorong pada tahun 2021 adalah hibah Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Merespon hibah yang sudah dimenangkan tersebut Senat Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong melaksanakan Rapat Penentuan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat melalui pendanaan hibah tersebut.

Rapat senat ini dilaksanakan di Swiss-belHotel Sorong, yang dihadiri oleh Ketua, Sekretaris, dan Anggota Senat UNIMUDA Sorong, Senin (27/12).

Ketua Senat UNIMUDA Sorong Dr. Rustamadji, M.Si. dalam sambutannya menyebutkan program hibah ini merupakan kepercayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia kepada UNIMUDA Sorong, dan ini merupakan prestasi sekaligus rekam jejak untuk mengimplementasikan program MBKM.

“Hibah ini adalah bentuk kepercayaan dari Kemdikbudristek terhadap UNIMUDA Sorong, yang ditetapkan berdasarkan prestasi dan rekam jejak UNIMUDA Sorong dalam mengimplemntasikan program MBKM. Proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang ditetapkan dalam rapat senat ini, adalah proposal dan penelitian terbaik yang sudah sesuai dengan persyarakatan yang ditetapkan oleh Kemdikbudristek. UNIMUDA Sorong optimis hasil penelitian dan PkM yang dilaksanakan oleh dosen UNIMUDA Sorong menjadi penelitian dan PkM terbaik dari seluruh PTS yang memenangkan hibah” papar Rustamadji penuh semangat.

Jumlah proposal yang masuk dalam pembahasan rapat senat sebanyak 23 proposal, akan tetapi berdasarkan berbagai pertimbangan senat ditetapkan 4 penelitian dan 4 PkM yang didanai. Adapun rincian judul penelitian yang didanai 1) Analisis Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong; 2) Evaluasi Implementasi Program Membangun Desa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong; 3) Evaluasi Implementasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam Negeri Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong; dan 4) Evaluasi Implementasi Program Asistensi Mengajar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

Sementara judul PkM yang didanai adalah 1) Peningkatan Skala Usaha Mandiri melalui Peternakan Lele di Kelurahan Malasom sebagai Bentuk Implementasi MBKM; 2) Sekolah Advokasi Pemuda Papua (SA PAPUA) sebagai Upaya Pencegahan Prilaku Radikalisme Berbasis SARA; 3) Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sorong dalam Kemanfaatkan Kotoran Sapil; dan 4) Pelatihan Literasi bagi Guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Sorong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top