Rapat Pembahasan LKPJ, Bupati Sorong Sampaikan Terima Kasih Dan Apresiasi

Pj Bupati Sorong, Yan Piet Mosso saat memberikan sambutan di rapat pembahasan LKPJ.

SORONG – Rapat Paripurna III DPRD Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sorong tahun anggaran 2022 masa sidang tahun 2023 yang berlangsung di ruang sidang DPRD Kabupaten Sorong. Jumat (27/5/2023).

Sidang LKPJ Bupati Sorong dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Sorong, Habel Yadanfle.

Pj Bupati Kabupaten Sorong, Yan Piet Mosso memberikan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi memberikan kontribusi, baik secara langsung maupun tidak langsung, terutama kepada segenap anggota DPRD Daerah Kabupaten Sorong.

“Terima kasih kami ucapkan atas catatan dan rekomendasi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintah selama tahun anggaran 2022,” Ungkap Mosso saat memberikan sambutan pada rapat pleno III

Menurutnya, keputusan itu dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah ke depan. sebagaimana rekomendasi dari badan anggaran DPRD dan pendapat akhir fraksi – fraksi dewan yang disampaikan terkait perencanaan sampai pada pelaporan dan pertanggung jawaban secara terus menerus dilakukan penyesuaian dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Menghadapi kondisi penerimaan negara yang mengalami penurunan, sangat berdampak bagi penerimaan daerah, yang tentunya mengurangi kegiatan pembangunan sebagaimana yang direncanakan dalam RPJMD, dan perlu dilakukan penyesuaian kembali terhadap alokasi anggaran belanja daerah. Kondisi ini memang diperlukan kreasi dalam meningkatkan sumber – sumber penerimaan asli daerah, karena pemerintah Kabupaten Sorong termasuk daerah yang masih sangat tergantung pada dana transfer dari pemerintah pusat.

“Dalam hal pelaksanaan APBD dan pertanggung jawaban, para bendahara telah dilakukan pelatihan, sosialisasi bahkan surat edaran bupati, agar menjadi panduan atas pedoman bagi bendahara penerima, pengurus barang dan bendahara pengeluaran, untuk mengikuti ketentuan, serta tepat waktu dalam penyampaian laporan pertanggung jawaban,” Ujarnya

Dalam penyusunan APBD 2024 Kabupaten Sorong akan menggunakan SIPD RI. Pada bulan Juni nanti akan diadakan bimbingan teknis bagi seluruh kasubag perencanaan di 32 OPD. selain itu dalam proses perencanaan dan penganggaran yang merupakan salah satu area intervensi kpk, untuk itu sampai dengan pelaksanaannya kita wajib taat pada aturan perundang-undangan yang berlaku agar pemerintah daerah Kabupaten Sorong tidak terkena Punnishment dengan pengurangan anggaran dari pusat.

“perlu saya sampaikan juga bahwa kabupaten sorong telah 10 kali mendapatkan opini WTP” Jelas Mosso

Ia menambahkan, pada tahun 2022 sudah banyak keberhasilan yang di capai Pemda Kabupaten Sorong dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan juga dengan cukup banyaknya pengakuan dan penghargaan berbagai pihak terhadap kemajuan dalam berbagai bidang yang dicapai oleh Kabupaten Sorong.

Meskipun masih banyak kekurangan bahkan ketidakpuasan masyarakat. Permasalahan pembangunan yang di hadapi ke depan semakin penuh tantangan yang sejalan dengan tuntutan dinamika pembangunan untuk menuju peningkatan kesejahteraan rakyat yang lebih baik lagi.

” Untuk itu, patut kiranya kita perkuat komitmen pembangunan, melalui pelaksanaan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024, dan penyiapan rencana kerja pemerintah daerah yang semakin partisipatif dan adaptif terhadap aspirasi serta kebutuhan masyarakat.





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top