Prosesi Adat Tehit dan Imeko Mengantar Balon Bupati dan Wakil Bupati Sorsel 2024.Paulinus Kora dan Yonathan Salambau daftar di PKB dan PDIP

Balon Bupati dan Wakil Bupati Sorsel 2024.Paulinus Kora dan Yonathan Salambau daftar di PKB dan PDIP.fto/drk)

Teminabuan,Matapapua– Moses Mecibaru tokoh masyarakat konda,dan esau gogoba kepala suku lintas Papua Sorong Selatan bersama warga masyarakat melakukan gelar adat penyerahan mahkota,dan kain adat merah, kepada Paulinus Kora dan Yonathan Salambau.Jumat 3/5/2024).

Prosesi adat sebagai simbol bahwa,kedua sosok ini adalah anak adat yang akan siap membawa perubahan di kabupaten Sorong Selatan (Sorsel).Dalam prosesi adat awalnya dilakukan di sekretariat tim kerja pasangan calon Paul dan Yonathan.Untuk menuju sekretariat PKB dan PDIP, penyerahan mahkota dan kain adat merah dan diberikan langsung oleh dua tokoh adat yaitu Moses Mecibaru dari Suku Tehit dan Esau Gogoba dari Suku Imeko.

Pantauan media Matapapua,com.Paulinus Kora (KPK) dan kaka Yonathan Salambau (KYS) hari ini resmi mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati Sorong Selatan di PKB dan PDIP. Keduanya datang dengan diiringi ribuan simpatisan dari Suku Tehit dan Imeko.

Paulinus Kora yang akrab disapa KPK mengatakan, ia telah menndaftar di PKB dan PDIP sebagai bukti keseriusannya maju di Pilkada Sorong Selatan. Ia menyebut, mendapat sambutan hangat dari para fungsionaris PKB.

“PKB menerima kami cukup baik dan memberikan respons terhadap kami yang hari ini telah mendaftar sebagai cabup dan cawabup Kabupaten Sorong Selatan,” terang KPK.

KPK menjelaskan, sebelum mendaftar di PKB ia dilepas dengan prosesi adat di sekretariat Tim Pemenangan KPK. KPK mendapat pengalungan mahkota dan kain adat merah.

Proses penyerahan mahkota dan kain adat merah dan diberikan langsung oleh dua tokoh adat yaitu Moses Mecibaru dari Suku Tehit dan Esau Gogoba dari Suku Imeko.Sebagai lintas suku di 12 suku dan prosesi adatnya sudah selesai kami lakukan sebelum menuju sekertariat PKB dan PDIP). Semua itu menjadi bukti dukungan rakyat,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa, tekadnya maju di Pilkada bukan karena dukungan materi. Tetapi ia ingin menghadirkan perubahan bagi masyarakat Sorsel.

“Saya hadir ini untuk memberikan perubahan bagi masyarakat pada umumnya karena Sorong Selatan adalah rumah kita bersama dan memang kami putra-putri terbaik yang selama ini melihat memantau walaupun kami di luar untuk memantau ini seperti apa,”katanya 

Untuk itu kami,saya Paulinus Kora mantan anggota Brimob dan ajudan Bupati Bintuni 2 periode kembali ke kampung Sorong Selatan ingin berbuat sesuatu dan ingin membuat perubahan di atas tanah negeri tercinta yang kita cintai bersama,” Tutur.KPK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top