Pastikan Hak-Hak Buruh Terlindungi, Serikat Pelikha Desak Pemda Hadirkan PHI di PBD

SORONG – Guna memastikan hak-hak pekerja atau kaum buruh terlindungi, Serikat Pekerja Pejuang Lintas Khatulistiwa (Pelikha) Papua Barat Daya mendesak pemerintah daerah segera hadirkan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) di Papua Barat Daya (PBD). Hal ini disampaikan Ketua DPD Pelikha PBD, Denisius Faruan di Sorong, Sabtu, (04/05/2024).

Pria yang biasa disapa bung den ini menyebutka bahwa, pengadilan hubungan industrial ini adalah tahapan terakhir dari proses ingkracht pengadilan atau putusan yang sudah benar dan memiliki kekuatan hukum tetap untuk memutuskan perselisihan kepentingan maupun hak yang terjadi dalam sebuah sengketa antara pekerja dan perusahaan.

” Maka terkait dengan itu, Kami berharap agar pemerintah daerah segera hadirkan PHI di Papua Barat Daya dan memantau segala regulasi sehingga ketentuan tersebut tidak menyimpang dari undan-undang ketenagakerjaan yang berlaku,” Ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Dewan Pembinaan Serikat Pekerja Pejuang Lintas Khatulistiwa (Pelikha) Kabupaten Sorong, Isack F.A Yable menyampaikan apresiasi aksi DPD Pelikha dalam rangka peringatan Hari Buruh Nasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei kemarin.

 

” Apa yang dilakukan DPD Pelikha ini sangat membantu semangat pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten dan kota dalam melindungi hak-hak buruh, ” Jelasnya

Terkait dengan hal ini, kata dia, kami memiinta kepada pemerintah daerah provinsi dalam hal ini Pj Gubernur agar mempercepat regulasi pengusulan ke mahkama agung untuk mempercepat pembentuka PHIbdi Papua Barat Daya.

” Karena Provinsi PBD ini merupakan pintu masuk dari seluru provinsi yang ada di Tanah Papua yang mana PBD ini akan berkembang dengan kehadiran infestor ” Bebernya.

Selain itu pihaknya juga mengusulkan agar DPD Pelikha dimasukan dalam dewan pengupahan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Papua Barat Daya.

” Supaya aksi yang dilakukan ini ada keseimbangan, artinya pemerintah harus bisa melihat secara kacamata yang jujur bagaimana perjuangan Pelikha dalam menyuarakan hak-hak kaum buruh. Melihat perjuangan ini kami harap pemerintah bisa mensejajarkan DPD Pelikha seperti saudara-saudara kita yang ASN dan lainnya,” Harapanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment