Program CSR JOB P-PS Membangun Fasilitas Air Bersih dan Akses Jalan 3 Kampung

IMG 20190731 WA0025

IMG 20190731 WA0025

Matapapua – Salawati Tengah : Joint Operating Body Pertamina Petrochina Salawati (JOB P-PS) kembali melakukan program pengembangan masyarakat Tahun Anggaran (TA) 2019 dengan mewujudkan harapan masyarakat melalui pembangunan Mandi cuci kakus (MCK) dan Air Bersih untuk Kampung Batbirow serta pembukaan jalan akses untuk memperlancar akses masyarakat antar kampung yakni Jalan Patra Cendrawasih yang menghubungkan 3 kampung, antara lain kampung Durian Kari, Meyaup dan Sailen, Salawati Tengah, Kabupaten Sorong yang diresmikan oleh Staf Ahli Bupati Sorong Bidang Pembangunan Kabupaten Sorong, Suroso mewakili Bupati Sorong, Johny Kamuru, Senin (29/7).

Suroso menyampaikan apresiasi atas kontribusi yang telah dilakukan JOB P-PS melalui Program Pengembangan Masyarakat yang dilakukan oleh JOB P-PS, hal ini merupakan kolaborasi pihak perusahaan dengan pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Sorong, khususnya wilayah Ring 1, JOB P-PS.

Pembukaan akses jalan , MCK dan Air Bersih yang dilakukan oleh JOB P-PS kini menjadi tanggung jawab semua pihak untuk meneruskan dan merawat apa yang sudah disediakan. Untuk itu, hal tersebut akan disampaikan kepada Bupati Sorong, terkait kelanjutan pembangunan jalan penghubung 3 kampung tersebut. Sementara dalam pemanfaatan dan perawatan, diharapkan agar masyarakat dapat ikut terlibat.

“Memanfaatkan dan merawat apa yang ada itu lebih sulit, untuk itu saya berharap masyarakat bisa bersama-sama menjaga apa yang sudah dibangun saat ini” harap Suroso.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak mudah mengambil tindakan sendiri apabila terjadi permasalahan, termasuk dengan perusahaan.

“Menjalin komunikasi dengan perusahaan dan Pemeritah Daerah, harus selalu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan” tambah Suroso.

GM JOB P-PS, Akhmad Tri Budi Prabowo yang turut mendampingi proses peresmian menyampaikan, JOB P-PS memiliki komitmen mendukung Pemda Kabupaten Sorong untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui bidang Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan, dimana ketiga pilar tersebut telah dilaksanakan melalui pengembangan masyarakat.

“Dari 5 Pilar program pemerintah Kabsor dan kami telah melakukan 3 pilar, Infrastruktur, Kesehatan dan Pendidikan” ujar Akhmad T.B. Prabowo.

Sejak tahun 2017, telah dilakukan pembukaan jalan wisata sepanjang 1 Km di Masmaspop, pembangunan MCK dan Air bersih di Kampung Meyaup, pembangunan jalan di Kampung Meyaup (Jalan JOB P-PS) dan pembukaan jalan untuk memperlancar akses masyarakat antar kampung yang baru diresmikan serta pembangunan MCK dan air bersih di Kampung Batbirow.

Selain itu, juga dibangun rumah singgah di Kampung Dulbatan, pemugaran makam sailolof dan poliklinik yang selalu dibuka untuk masyarakat, puskesmas keliling, pengobatan massal, donor darah dan berbagai program dibidang kesehatan.

Dibidang pendidikan, JOB P-PS selain memperbaiki lokasi yang akan dibangun gedung sekolah oleh Pemda Kabupaten sorong, juga menggelar pelatihan kerja, membuka magang dan saat ini tengah menjalin kerja sama dengan Uncen untuk kuliah umum. Direncanakan kedepannya dilakukan staf mengajar, dimana anak-anak sekitar Ring 1 diharapkan dapat memahami industri migas sejak dini.

“Minimal, sejak dini anak-anak sekitar Ring 1 sudah bisa mengenal Industri Migas, seluruh program yang dilakukan oleh JOB P-PS diharapkan dapat memberi manfaat dan menjadi aset masyarakat untuk tetap dirawat dan dijaga. Hal tersebut juga diharapkan dapat terus mendukung operasional Migas sehingga dapat terus berjalan dengan baik” kata Akhmad Tri Budi Prabow.

Budi juga menambahkan, hampir 100 persen tenaga kerja jasa penunjang (TKJP) berasal dari penduduk lokal, kecuali tenaga ahli yang memang didatangkan dari luar daerah. “Dari 135 tkjp, hanya ada 1 sampai 3 orang yang didatangkan dari luar,” katanya.

Empat Kepala Kampung, masing-masing Kepala Kampung Meyaup – Musa Sarim, Kepala Kampung Durian Kari – Yusuf Muray , Kepala Kampung Sailen – Encon Rou dan Kepala Kampung Batbirow – Adam Kalapain menyampaikan apresiasi atas pembukaan jalan akses penghubung 3 kampung, MCK dan Air Bersih serta beragam program lainnya yang telah dilakukan oleh JOB P-PS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top