Presiden Jokowi resmikan kampung nelayan modern di Biak Papua

Biak (Mata Papua) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju meresmikan Kampung Nelayan Modern Desa Samber-Binyeri Kecamatan Yendidori, Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua, Kamis (23/11/2023).

Dalam kunjungantersebut, Presiden Jokowi turut didampingi Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. M.Si, serta sejumlah tokoh penting lainnya seperti Kapolda Papua, Pangdam XVII/Cendrawasih, Bupati Biak Numfor, Kabinda Papua, pejabat TNI-Polri.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya pengelolaan dan pengembangan fasilitas yang telah disediakan di Kampung Nelayan Modern. Ia menyebutkan bahwa fasilitas seperti Balai Nelayan, Gudang Beku Portabel 10 Ton, Pabrik Es Kapasitas 1 Ton, Dermaga Tambat Labuh, dan tempat wisata sudah komplit. Namun, Presiden juga memberi peringatan bahwa membangun lebih mudah daripada merawat.

“Saya ingatkan bahwa membangun jauh lebih mudah daripada merawat. Banyak bangunan yang sudah saya resmikan dan kendala paling banyak dihadapi adalah masalah pengembangan. Bangunan bagus tidak akan jalan jika tata kelolanya tidak baik, kemudian juga persiapan manajemen ditata dengan baik,” ungkap Presiden Jokowi.

Presiden mengharapkan agar para nelayan dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan dengan sebaik-baiknya. Presiden juga menekankan perlunya pengelolaan yang berkelanjutan dan serius untuk memaksimalkan potensi Kampung Nelayan Modern ini.

“Saya titip agar hasil yang sudah didapatkan oleh para nelayan harus terus didorong untuk hilirisasi dan kita harapkan di Kampung Nelayan Modern ini bisa masuk rantai pasok nasional dan global sehingga apa yang kita bangun benar-benar ada manfaatnya,” tambahnya.

Momen penting tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekanan sirine sebagai simbol resmi diresmikannya Kampung Nelayan Modern.

Selain meresmikan kampung nelayan, Presiden Jokowi juga memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Samber-Binyeri sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan pengembangan wilayah di Provinsi Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top