Prajurit Salawaku Yonmarhanlan IX Gagalkan Penyeludupan Miras Di Pelabuhan Yos Soedarso Ambon

MATAPAPUA, TNI AL, Dispen Kormar Ambon – Prajurit Salawaku Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon, yang bertugas dalam Tim Satgas Pelni Ambon melaksanakan Swiping ( Razia ) barang bawaan penumpang yang turun maupun berangkat di Jl. Yos Sudarso, Pelabuhan Tulehu, Ambon, Maluku. SeniN, (1/1/2024).

Kegiatan ini dipimpin oleh Pasintel Yonmarhanlan IX Letda Mar Cerry Latumahina melaksanakan pemeriksaan terhadap penumpang maupun barang bawaaan. Pada saat petugas Pam melaksanakan pemeriksaan di depan tangga naik kapal terhadap barang bawaan penumpang, atau pun buruh kapal berupa koper atau pun kardus didapati terdapat Miras (Sopi) didalamnya yang dicampur dengan pakaian yang akan di selundupkan dengan menggunkan Kapal KM. Ciremai.

Miras (Sopi) sebanyak 120 liter yang dikemas pada kantong plastik, jerigen dan botol plastik rencananya akan dibawa ke papua menggunakan KM. Ciremai. Hasil sitaan ini langsung di musnahkan oleh petugas Pam dengan cara di tuangkan di dermaga pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Komandan Marinir Pertahanan Pngkalan (Danyonmarhanlan) IX Ambon Mayor Marinir Tamyasin Hehanussa mengatakan,
Tujuan dilaksanakan sweeping di pelabuhan yaitu untuk mengurangi bahkan memberantas penyelundupan minuman keras. “Minuman keras dapat merusak mental masyarakat terutama generasi muda, yang tentunya akan menghancurkan masa depan generasi bangsa. Oleh sebab itu saya perintahkan anggota yang melaksanakan pengamanan Pelni agar melaksanakan pengawasan ketat terhadap barang bawaan penumpang agar tidak ada lagi penyelundupan minuman keras melalui kapal Pelni yang sandar di pelabuhan Tulehu Ambon,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top