Pelantikan Kepala-kepala Suku dan Pengurus IMEKKO Se-Provinsi Papua Barat

0 IMG 20220212 170133

Matapapua – Aimas : Dewan pengurus daerah Ikatan keluarga besar Ikatan Inanwatan, Matemani, Kais dan Kokoda (IMEKKO) Provinsi Papua Barat. Pelantikan Kepala-kepala Suku dan Pengurus IMEKKO Se-Provinsi Papua Barat bertempat Aimas Convention Center, (12/2/2022).

Ketua IMEKKO Provinsi Papua Barat Frengky dalam sambutannya mengatakan pelantikan Pengurus dan Kepala Suku IMEKKO Provinsi dan Kota menunjukkan bahwa IMEKKO bekerja baik untuk membangun negeri ini khususnya di Provinsi Papua Barat.

” IMEKKO paling kuat tidak di ragu keraguannya. Untuk IMEKKO maju, IMEKKO bersatu dan IMEKKO bekerja sama, IMEKKO harus bersatu karena tanpa persatuan kita tidak akan maju ” kata Frengky.

Dilanjutkannya organisasi ini harus dibenahi , baik di Provinsi, Kota dan Kabupaten. Dengan harapan seluruh kepala-kepala suku yang dilantik, dapat membenahi struktur dan administrasi kesukuan dengan baik.

” Kita mempunyai organisasi ini juga harus dibenahi, maka dari itu saya berharap kepada kepala-kepala suku yang baru dilantik, saya berharap setelah kembali ke Kabupaten masing-masing harus membenahi struktur dan administrasi kesukuan kita ” ucap Frengky

Ditambahkanya setelah pelantikan selesai akan melakukan pertemuan kembali, membahas pembentuk panitia guna menyusun program kerja ke depan, sehingga yang diharapkan IMEKKO bersatu IMEKKO maju untuk di setiap wilayah.

” selesai pelantikan ini kita akan melaksanakan pertemuan, untuk membahas pembentuk panitia, dan menyusun program kerja kedepannya. Saya tidak butuh orang pintar tapi saya butuh orang yang bijaksana, agar bagaimana IMEKKO maju, IMEKKO bersatu dan IMEKKO bermandiri ” ujarnya.

Asisten 3 Kabupaten Sorong Kepas Kalasuad mengatakan IMEKKO harus bersatu, guna membangun kekuatan bersama untuk membangun negeri ini, sehingga suku IMEKKO dan suku Moi satu hati dengan baik ke depan.

” Mari setiap ikat-ikatan suku baik yang ada di Papua dan Papua Barat dan seluruh suku yang ada, untuk kita membangun kebersamaan, kerukunan bersama sehingga tidak ada campur aduk dari pihak yang memecahkan, tetapi kita saling bersatu membangun negeri ini terutama Papua dan Papua Barat untuk ke depan, jangan tinggalkan air mata tetapi kita tinggalkan mata air yang akan terus mengalir ke depan ” kata

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, yakni otonomi khusus bagi Provinsi Papua dan Papua Barat bahwa pemerintah menjamin kebebasan berserikat berkumpul dan mengeluarkan pendapat adalah bagian dari hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

” Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pemerintah mengakui, menghormati, melindungi, memberdayakan juga membina dan mengembangkan budaya asli Papua yang merupakan hak masyarakat adat IMEKKO, dengan berpedoman kepada peraturan-peraturan hukum yang berlaku baik hukum adat suku IMEKKO oleh karena itu negara menjamin kemerdekaan untuk melestarikan nilai-nilai adat budaya sebagai suatu tatanan budaya dalam mendukung pembangunan bangsa dan negara ” kata Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Pelantikan kepala-kepala suku IMEKKO dan badan pengurus dari Provinsi Papua Barat merupakan suatu sejarah dan semangat baru bagi suku IMEKKO untuk hidup dalam suatu tatanan nilai kekeluargaan membangun suatu komitmen hidup rukun dan damai.

” Sebagai langkah awal yang baik saya mengapresiasi hari ini bagaimana suku IMEKKO dapat berkumpul melakukan suatu dialog untuk menemukan persamaan persepsi guna menyiapkan satu wadah perkumpulan atau kegiatan keluarga besar IMEKKO, berkumpul mengakomodir menyelesaikan dan menjawab persoalan keluarga besar suku IMEKKO yang sekarang dan yang akan datang dalam seluruh aspek sosial budaya dan masyarakat guna pembangunan ” ujarnya

” Saya berharap dengan adanya pelantikan badan pengurus IMEKKO Provinsi Papua Barat bisa bersatu, bisa bersama-sama tidak ada lagi perbedaan mari bersatu dalam memberikan sumbangsih dalam segala hal l, memberikan pemikiran kontribusi bagi masyarakat dan daerah dalam membangun di berbagai bidang terutama di bidang sosial budaya kemasyarakatan dan ekonomi semoga suku IMEKKO menjadi wadah silaturahmi bagi suku lainnya yang ada di Provinsi Papua Barat atas nama pemerintah dan masyarakat saya mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya kepala-kepala suku IMEKKO dan para pengurus IMEKKO Provinsi Papua Barat periode 2022-2027 dengan dapat menjunjung tinggi harkat martabat dan jati diri milik adat dan budaya lokal kita bangsa Indonesia tetapi juga di tanah Papua dan Papua Barat keluarga besar IMEKKO ” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top