KPU Luncurkan Maskot Pilkada Papua Barat Daya

SORONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Daya (PBD) meluncurkan maskot bernama “Si Timo” sebagai maskot resmi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Desain maskot tersebut telah melalui berbagai proses penilaian dengan menghadirkan beberapa dewan juri dari sejumlah unsur, yakni dari unsur budayawan dari Ketua Lembaga Masyarakat Adat Malamoi, seniman dan akademisi. Hal ini disampaikan Anggota KPU Provinsi Papua Barat Daya Fatmawati di Sorong. Jumat (04/05/2023).

” Jadi ada 8 desain maskot yang masuk ke panitia, namun ada salah satu yang berdomisili di Papua Barat sehingga hanya 7 saja yang kami nilai, ” Ungkap Fatmawati.

Dia menyebutkan, dari 7 deasin maskot, kami melakukan proses pemeriksaan terhadap kriteria khusus dan kriteria umum yang telah kami cantumkan didalam pengumuman sebelumnya. Dari tujuh itu, diperoleh tiga terbaik, selanjutnya KPU mengundang ketiga designer untuk mempresentasikan hasil karyanya.

” Dari ketiga designer maskot itu, kami memilih satu designer sebagai juara 1. Kemudian luncurkan dan ditetapkan sebagai maskot Pemilukada 2024 Papua Barat Daya, ” Bebernya

Menurutnya, Maskot Pilkada 2024 berbentuk tifa, terinspirasi dari alat musik asal Papua. Seperti yang diketahui bahwa tifa ini merupakan alat musik turun temurun bahkan sangat familiar bagi kita. Tifa sering juga digunakan pada pembukaan kegiatan di Papua pada umumnya.

” Jadi kami sangat berharap bisa mendapatkan maskot yang pas untuk PBD, maskot yang menggambarkan ciri khas Papua. Atas dasar itulah maka KPU menetapkan tifa sebagai maskot Pilkada 2024 di Papua Barat Daya, ”

Desain Maskot Pilkada 2024 di Papua Barat Daya yang menggambarkan ciri khas Papua ini dimenangkan oleh Dwi Saputra dengan total hadiah Rp20 juta.

” Maskot “Si Timo” ini inspirasi saya untuk mengapresiasi Tifa, dimana tifa ini merupakan alat musik turun temurun masyarakat Papua. Sebelum ada komunikasi digital tifa ini sudah ada dari zaman dulu sebagai alat untuk memanggil dan mengumpulkan masyarakat, ” Ungkap Dwi Saputra pemenang desain Maskot Pilkada 2024 PBD.

Dwi berharap Maskot Tifa ini bisa memanggil seluruh masyarakat Papua Barat Daya untuk turut menyukseskan Pilkada 2024 di Papua Barat Daya.

Penetapan “Si Timo” ini kepanjangan dari Si Tifa Demokrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top