Keunikan HUT RI Ke-76, Bapera Dan KNPI Kabupaten Maybrat Kibarkan 500 Bendera di Danau Framu

Screenshot 2021 0817 133332

Matapapua-Maybrat: Peringatan HUT kemerdekaan RI ke-76 tahun ini sangat menarik. Di Kabupaten Maybrat Papua Barat Distrik Ayamaru organisasi Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dengan TNI dan Polsek Ayamaru mengibarkan 500 buah bendera Merah Putih di tengah danau Framu yang merupakan tempat pariwisata dengan memiliki air yang sangat jernih dan sejuk, Selasa (17/8/2021)

Terlihat 500 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Danau Framu Sebagai Icon Wisata Kabupaten Maybrat

Pengibaran bendera Merah Putih tahun ini diselenggarakan oleh kedua ormas tersebut di alam terbuka yang dikelilingi hutan belantara karena merupakan tempat pengasingan Bung Karno selama 4 tahun lamanya pada waktu itu.

Dari pantauan media ini situasi alam sebelumya berwarnah hijau dan danau berwanah biru tiba-tiba berubah warnah menjadi merah putih. Kicauan burung saat itupun diam membisu mendengarkan lagu Indonesia raya yang sangat merdu dengan menghayati perjuangan kemerdekaan Indonesia pada 76 tahun silam.

Siswa-siswi SD Dan SMP Turut Hadir Pada Momen HUT Ke-76 RI di Danau Framu

Ketua Bapera Kabupaten Maybrat, Kornelius Kambu mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih di danau Framu guna mengenang sejarah pengasingan Bung Karno pada waktu itu di tempat tersebut. Hal ini merupakan sejarah perjuangan bangsa Papua khusus Kabupaten Maybrat untuk kemerdekaan NKRI. Oleh karena itu, pada moment tersebut dapat mengungkapkan rasa cinta kasih terhadap NKRI.

“Pengibaran 500 buah bender Merah Putih ini sebagai wujud semangat kami untuk membela NKRI juga mengenang para pejuang kemerdekaan terutama Bung Karno yang telah diasingkan di tempat ini. Dan merupakan kebanggaan kami orang Papua terutama di Kabupaten Maybrat untuk terus dikenang sampai anak cucu kami,” ungkap Kornelius Kambu.

Sementara itu, ketua KNPI Kabupaten Maybrat, Klemens Howay mengatakan, momentum pengibaran 500 buah bendera Merah Putih ini merupakan sebuah refleksi pemuda Maybrat karena kemerdekaan NKRI merupakan sebuah perjuangan panjang bagi para pejuang pada masa silam. Oleh sebab itu, lanjutnya sebagai ungkapan syukur, pemuda bekerja sama dengan Bapera dan TNI Polri Maybrat bersatu untuk mengibarkan bendara yang telah dilaksanakan di danau Framu.

Ketua Bapera Dan Ketua KNPI

Momen yang istimewa dan unik ini, ketua KNPI merasa terharu karena baru pertama kali organisasi pemuda dan Bapera berkolaborasi bersama TNI Polri dengan semangat tinggi dapat mengibarkan 500 buah bendera Merah Putih.

“Melalui momen hari ini, kami pemuda bangkit dan membela bangsa ini agar tetap maju dan berkontribusi kepada negara dengan cara melakukan aktivitas yang sifatnya membangun NKRI agar lebih maju,” tutur Klemens

Tempat Wisata Danau Framu Dihiasi Dengan Bendera Merah Putih

Acara pengibaran Bendera Merah Putih di tempat wisata danau Framu Kabupaten Maybrat dihadiri pelajar tingkat SD dan SMP, Kepala Distrik dan kepala Kampung setempat, anggota Kodim, Koramil dan Polsek Ayamaru serta ratusan masyarakat dan anggota Bapera serta KNPI hingga berakhir dengan aman dan dapat menghayati HUT kemerdekaan RI-76.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top