Ketua Umum KORMI lantik pengurus Papua Selatan

Merauke (Mata Papua) – Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Hayono Isman melantik pengurus Provinsi Papua Selatan yang diketuai oleh Soleman Jambormias.

Pelantikan Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia atau KORMI Papua Selatan berlangsung di Merauke Minggu (3/12), disaksikan oleh Penjabat Gubernur Apolo Safanpo dan Forkopimda serta serta Insan olahraga.

Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Hayono Isman dalam sambutan mengatakan bahwa tugas KORMI tentunya berbeda dengan KONI dimana tugas KONI adalah mengembangkan prestasi olahraga Indonesia, prestasi para atlet sampai pada tingkat Asian Games.

“Sedangkan tugas KORMI adalah mengembangkan masyarakat Indonesia agar menjadi masyarakat sehat, bugar, dan gembira melalui olahraga guna mencapai SDM unggul menuju Indonesia Maju,” ujarnya.

Dia berharap kepada pengurus KORMI Papua Selatan agar mengembangkan prestasi olahraga masyarakat tradisional di Papua Selatan seperti kartapel, layang-layang dan lainnya.

Merauke dia, Indonesia adalah negara maritim namun tidak banyak olahraga bagi masyarakat maritim atau masyarakat pesisir yang dikembangkan. Diharapkan pengurus KORMI Papua Selatan menjalin kerja sama dengan pihak TNI Angkatan Laut untuk mengembangkan potensi olahraga masyarakat pesisir.

“Kami berharap olahraga tradisional di Papua Selatan dapat dikembangkan dan dapat mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VIII di Nusa Tenggara Timur 2025,” ujarnya.

Penjabat Gubenur Papua Selatan Apolo Safanpo yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa olahraga masyarakat adalah olahraga yang dilakukan oleh masyarakat di berbagai daerah yang tumbuh dan berkembang sesuai kondisi wilayah dan kebudayaan masyarakat masing-masing.

Dia menyampaikan bahwa selain untuk kesehatan dan kebugaran olahraga masyarakat juga untuk menjaga hubungan sosial dan juga untuk mengembangkan kekayaan budaya daerah. Serta merawat kebhinekaan atau keberagaman dan toleransi dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Karena itu, kata Penjabat Gubernur, pemerintah daerah mendukung pengurus KORMI untuk sama-sama mengembangkan olahraga masyarakat di Papua Selatan.

Ketua KORMI Papua Selatan Soleman Jambormias mengucapkan terima kasih kepada pejabat gubernur yang sangat mendukung Peningkatan Prestasi olahraga di Provinsi Papua Selatan.

“Atas dukungan bapak Pj Gubernur KORMI Papua Selatan mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp1 miliar untuk membiayai program tahun ini,” tambah dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top