Kenalkan Mobile JKN dan Skrining Kesehatan Sejak Dini, Melalui BPJS Kesehatan Goes to School

IMG 20220406 WA0002

Matapapua – SORONG : BPJS Kesehatan Cabang Sorong melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Sorong guna memperkenalkan aplikasi Mobile JKN dan skrining kesehatan sejak dini melalui Program BPJS Kesehatan Goes to School, Rabu (6/4). Selain itu, pada kunjungan tersebut diharapkan para siswa-siswi menjadi paham dan sadar akan pentingnya jaminan kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Di era digitalisasi sekarang ini, BPJS Kesehatan turut mengikuti perkembangan dengan berfokus pada pelayanan elektronik yang mempermudah pelayanan peserta JKN. Salah satunya dengan aplikasi Mobile JKN, yang bisa di unduh pada smartphone masing-masing melalui playstore atau appstore, pada aplikasi tersebut terdapat banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses kepengurusan administrasi JKN,” jelas Hartati, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Sorong pada kegiatan tersebut.

Selain pengenalan aplikasi Mobile JKN, Hartati turut mengedukasi pentingnya melakukan screening kesehatan sejak dini melalui fitur skrining riwayat kesehatan Mobile JKN sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan agar terhindar dari serangan penyakit katastropik nantinya.

“Setiap peserta nantinya akan mengisi beberapa pertanyaan seputar gejala yang sedang dirasakan yang nantinya akan didapati hasil berupa tingkatan risiko dari penyakit diabetes, hipertensi, penyakit jantung, hingga penyakit ginjal. Selain itu dari hasil skrining riwayat ini juga, akan ditampilkan rekomendasi pola hidup sehat yang bisa dilakukan oleh peserta JKN-KIS tersebut,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Rara yang merupakan salah satu siswi di SMK Negeri 1 Sorong tersebut mengaku antusias dengan adanya BPJS Kesehatan Goes To School ini, menurutnya pengenalan sejak dini pentingnya jaminan kesehatan, adanya aplikasi Mobile JKN dan skrining kesehatan dapat meningkatkan kesadaran anak muda tentang pentingnya Program JKN-KIS.

“Kalau aplikasi Mobile JKN kebetulan saya sudah unduh juga sebelum adanya kunjungan ini kebetulan sudah diinfokan oleh keluarga. Dengan adanya kunjungan BPJS Kesehatan Goes to School ini kami sangat antusias, karena jadi lebih paham pentingnya jaminan kesehatan dan penggunaan Mobile JKN dari BPJS Kesehatan,” ungkap Rara.

Disisi lain, Program BPJS Kesehatan Goes To School ini akan dilakukan secara berkala ke sekolah-sekolah lainnya di wilayah Kota Sorong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top