Kemenag RI Meresmikan 3 SMTK Berstatus Negeri

IMG 20200313 WA0013

IMG 20200313 WA0013

Matapapua – Kaimana : Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen menyerahkan sekaligus meresmikan sekolah menengah Teologi Kristen (SMTK) di Papua Barat, tepatnya di 3 Kabupaten yakni, Kabupaten Sorong, Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Kaimana, Jum’at (13/3).

Wakil Bupati Sorong Suka Harjono S.Sos.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Kementerian Agama menempatkan SMTK di Papua Barat, hal ini bentuk komitmen Kementerian Agama menghadirkan SDM dengan mengahdirkan Sekolah Menengah Teologi Kristen ( SMTK ) Diaspora Kabupaten Sorong, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Kaimana yang telah berubah status menjadi Sekolah Negeri.

” Kami sampaikan selamat atas perubaham status, semoga semakin menjadikan siswa-siswi SMK yang mandiri dan handal di bidangnya serta mampu menjadi SDM yang memiliki daya saing tinggi, ini merupakan salah satu bentuk meningkatkan SDM yang cerdas dan sehat serta memiliki daya saing yang tinggi untuk mewujudkan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Sorong” kata Suka Harjono.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staff Ahli Gubernur bidang Ekonomi dan Pembangunan, Nicolas Tike menyampaikan perubahan status 3 Sekolah Menengah Teologi Kristen ( SMTK ) menjadi sekolah Negeri Diaspora merupakan sejarah di Provinsi Papua Barat yang harus syukuri kepada Tuhan Yang maha kuasa karena dengan berubahnya Sekolah Menengah Teologi Kristen menjadi Negeri merupakan suatu prestasi luar biasa yang telah di perjuangkan sejak tahun 2012.

” Oleh karena itu melalui kesempatan yang berbahagia ini Gubernur mengapresiasi kerja keras dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat bersama dengan jajarannya sehingga 3 Sekolah Menengah Teologi Kristen di Sorong, Manokwari dan Kaimana yang baru diresmikan dan dipusatkan peresmiannya di kabupaten sorong telah berubah status menjadi negeri secara khusus baru pertama di Indonesia khususnya di Provinsi Papua Barat” ungkap Nicolaus Tike.

Sekretaris Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia, Dr. Yan Kristianus Kadang menjelaskan hadirnya sekolah menengah teologi kristen (SMTK) Negeri ini bentuk perhatian dan pemerataan pendidikan kristen, hadirnya SMTK Negeri ini menjadi upaya meningkatkan mutu pendidikan kristen di Papua Barat.

” Kami harapkan mutu pendidikan agama kristen kian meningkat di Sorong melalui SMTK Negeri di Sorong, Manokwari dan Kaimana” ujar YAN Kristianus Kadang.

Peresmian Sekolah Menengah Teologi Kristen ( SMTK ) Negeri Diaspora juga disertai dengan penyerahan plakat penghargaan kepada Pimpinan Yayaysan Diaspora Papua Sorong, Lembaga MRP Papua Barat, Ketua LMA Malamoi Kab Sorong, oleh sekertaris Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top