HUT IBI Ke-71, Bidan Garda Terdepan Bagi Kesehatan Ibu dan Anak

0 IMG 20220627 131440

0 IMG 20220627 131440

Matapapua – Aimas, Kabupaten Sorong : Ditanggal 24 Juni 2022 , Ikatan Bidan Indonesia (IBI) memperingatin Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 IBI, peringatan hari ulang tahun ke-71 di Tahun 2022 berlangsung di Hotel Aquarius Kabupaten Sorong, Senin (27/6/2022).

Ketua IBI Kabupaten Sorong, Anita Rohani Wariaka, mengatakan, bidan merupakan salah satu tenaga Kesehatan yang sangat strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan kebidanan, untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, khususnya kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang bayi dan balita.

“ Meningkatkan status kesehatan ibu dan anak dalam mempersiapkan generasi yang berkualitas dimulai sejak dini. Yaitu sejak sebelum hamil atau bahkan dimulai dari masa remaja, sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi perempuan, dengan pengawasan kesehatan ibu sebelum hamil sangat menentukan kualitas anak yang akan dilahirkan, yang dikenal dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)“ ucap Anita.

Lanjutnya, Ikatan Bidan Indonesia didirikan pada tanggal 24 Juni 1951 di Jakarta, pada tahun yang sama ikatan Bidan Indonesia bergabung dalam organisasi perempuan, Kongres Wanita Indonesia (Kowani) sebagai salah satu anggota. Sedangkan pada tahun 1956 IBI menjadi anggota International Confederation of Midwives (ICM) dan pada tahun 1985 IBI dinyatakan sebagai lembaga swadaya masyarakat.

“ Saat ini IBI telah tumbuh dan berkembang secara pesat dan memiliki 34 pengurus daerah, yang berada di tingkat provinsi, dan 514 mengurus cabang yang berada di tingkat kabupaten, kota dan ada 4.984 Pengurus ranting yang berada di tingkat kecamatan atau unit pelayanan atau bahkan unit Pendidikan. IBI Kabupaten Sorong memiliki 289 anggota yang tersebar di seluruh distrik yang berada di Puskesmas-puskesmas pembantu, bahkan di pondok bersalin desa atau Polindes, Rumah Sakit Umum (RSU) Pemerintah Kabupaten Sorong,, klinik, praktek mandiri bidan“ jelas Anita.

Selama ini Bidan di Kabupaten Sorong telah bekerjasama dengan lintas sektor terkait untuk menurunkan angka kesakitan dan angka kematian ibu, serta bayi. Bidan di Kabupaten Sorong tersebar sampai ke pelosok kampung, dan Bidan juga bersama-sama dengan tenaga kesehatan lain memberikan pelayanan di masa pandemi covid-19.

“ Harapan Ikatan Bidan Indonesia yang ke-71 tahun 2022, kiranya melalui HUT ini, ikatan Bidan Indonesia semakin eksis lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak, tentunya sesuai dengan kompetensi bidan dan bisa ber inovasi, dan akan terus meningkatkan kerjasama kami dengan lintas struktur terkait, baik itu dengan organisasi perempuan, dan LSM-LSM dan sector-sector lain dan juga stekholder dalam menyelesaikan masalah-masalah kesehatan ibu dan anak untuk menurunkan angka kesakitan, angka stanting, dan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Sorong” harapnya.

Sambutan Bupati Sorong melalui Staf ahli Bupati Bidang Pembangunan, Dr. Marcus Karath mengatakan sebagai tenaga profesional Bidan memikul tanggungjawab atas pelayanan yang diberikan, berupaya secara optimal dengan mengutamakan keselamatan masyarakat terutama ibu dan anak, sesuai dengan marsnya, melayani dengan ikhlas tanpa pamrih, Jadi melayani sesuatu dengan ikhlas.

“ Peran bidan sangat penting untuk memberikan pengetahuan yang baik tentang kesehatan ibu dan anak terutama di masa kehamilan kemudian melahirkan, merawat anak dan juga merawat ibunya. IBI sebagai satu-satunya wadah bagi para Bidan yang mempunyai peran strategis terdepan dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi atau Balita (AKB), melalui pelayanan primer, sekunder, tersier dan kemitraan serta pemberdayaan masyarakat“ Ungkap Marcus Karath.

Ia mengucapkan Pemerintah Kabupaten Sorong menyampaikan selamat merayakan hari ulang tahun ke-71 kepada Ikatan Bidan Indonesia (IBI) terlebih khusus para bidan yang ada di wilayah Pemerintah Kabupaten Sorong, kiranya dengan Usia sekarang ini Ikatan Bidan Indonesia khususnya cabang Sorong dapat menjadi motivator dalam rangka meningkatkan kinerja untuk melayani masyarakat.

“ Bupati Sorong menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus tinggi yang telah memberikan dedikasi terbaik serta mengaktifkan diri dalam memberikan pelayanan, ini menunjukkan dan meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak khususnya di Kabupaten Sorong semoga melalui momentum hari ulang tahun yang ke-71 ini, para bidan yang tergabung dalam ikatan Bidan Indonesia berperan aktif menjadi mitra kerja pemerintah untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dan khususnya juga membantu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya, dan juga memberikan pelayanan dengan ikhlas “ ucapnya.

IBI sebagai satu-satunya wadah bagi para bidan yang mempunyai peran strategis di linier terdepan dalam menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi, melalui pelayanan primer sekunder tersier dan kemitraan serta pemberdayaan masyarakat.

Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kabupaten Sorong melakukan kegiatan bakti sosial, diantaranya pelayanan kesehatan ibu seperti melakukan pemeriksaan tes IVA atau pemeriksaan untuk mendeteksi kangker dinding Rahim, dan pelayanan Keluarga Berencana (KB), pelayanan khusus melalui pelayanan imunisasi rutin serentak di seluruh Indonesia dalam rangka imunisasi dunia, mulai tanggal 11 hingga 18 April Tahun 2022 dan bulan imunisasi anak nasional, melakukan Anjangsana, kesesepuh Bidan,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top