Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah IAIN Sorong Lantik 3 UKM Secara Bersamaan

IMG 20220808 WA0011

IMG 20220808 WA0011

Matapapua – Sorong : Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr. H. Surahman Amin, Lc., M. A, melantik pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Syariah dan Dakwah. Yakni, Bimbingan Penyuluhan Islam (B-Care), Forum Aktivitas Mahasiswa Ekonomi Syariah (FAMES), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM), bertempat di Aula IAIN Sorong, Jumat (05/08/2022).

Pelantikan dihadiri oleh Wakil Rektor I IAIN Sorong, Dr. Muhammad Rusd Rasyid, M. Pd. I., Kabag ULA, Muhammad Anwar Darwis, Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah Dr. H. Surahman Amin, Lc., M. A., Wakil Dekan I Fakultas Syariah dan Dakwah, Fatma Sari, M. Pd., Kaprodi Komunikasi Penyiaran Islam , Dwi Iin KahinaH, M. Sos. I., Kaprodi Ekonomi Syariah, Ekarina Katmas, M. E., Pembina B-Care, Evie Syalviana, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Kepala Perpustakan, Wati Irmawati, S. Pd. I.

B-Care adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada Jurusan Dakwah dan Komunikasi, berdiri pada tanggal 15 Maret 2019 yang sebelumnya dinamakan STAIN Care, dan diubah kembali disebabkan adanya peralihan Status Instansi STAIN Sorong menjadi IAIN Sorong pada tanggal 28 Februari 2020. Sehingga, nama STAIN CARE diubah menjadi B-Care.

B-Care yang berkecimpung di bidang sosial dengan tujuan untuk berkontribusi langsung dalam menemukan solusi atau penanganan permasalahan sosial yang ada di masyarakat, seperti bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang lingkungan sosial, dan keluarga.

Forum Aktivitas Mahasiswa Ekonomi Syariah (FAMES) IAIN Sorong, adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Ekonomi Syariah, berdiri pada tanggal 11 Februari 2019. Dengan terbentuknya FAMES Ini banyak memberikan manfaat dalam bidang kreativitas mahasiswa IAIN Sorong, FAMES menjadi wadah untuk ajang silaturahmi seluruh mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah dan menjadi organisasi yang terus berkembang dan banyak di kenal di kalangan mahasiswa hingga masyarakat luar.

FAMES bertujuan membangun rasa kerja sama dan rasa tanggung sebagai anggota FAMES, menjaga nama baik keluarga besar FAMES di dalam maupun diluar lingkungan kampus, menjadikan FAMES sebagai organisasi yang dapat mengembangkan kemampuan dan pola pikir mahasiswa Ekonomi Syariah dalam menjalani perkuliahannya.

Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) IAIN Sorong berdiri bersamaan dengan dibentuknya Galeri Investasi Syariah pertama di Papua Barat, GIS IAIN Sorong pada 25 oktober 2018. KSPM berdiri dengan tujuan mengedukasi dan memperkenalkan investasi di pasar modal pada lingkungan Civitas Akademika dan masyarakat sekitar. Dan tentunya tujuan besar berdirinya KSPM dan GIS IAIN Sorong adalah berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan Investor di Indonesia, lebih terkhusus di wilayah Papua Barat.

KSPM IAIN Sorong memiliki Event besar tiap semester, yakni Sekolah Pasar Modal (SPM) yang dapat diikuti secara gratis oleh seluruh kalangan tanpa dipungut biaya apapun. Dalam Sekolah Pasar Modal ini peserta dibantu untuk membuka rekening Investasi dan bisa langsung prakti berinvestasi di pasar modal. Ada pula kelas-kelas lanjutan setelah SPM yang disebut dengan Kelas Investor. Kelas Investor juga merupakan kelas lanjutan yang berisi edukasi dan materi-materi serta pelatihan untuk membeli produk-produk investasi di Pasar Modal. Yang tentunya akan didampingi oleh ahli dan praktisi pasar modal yang telah lama berkecimpung di dunia pasar modal.

Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah, Dr. H. Surahman Amin, Lc., M. A., dalam sambutanya mengatakan hari ini merupakan hari yang paling istimewa, karena hari Jumat merupakan hari yang sangat dimuliakan di dalam ajaran agama Islam, dan hari dilantiknya pengurus unit kegiatan mahasiswa dalam lingkup Fakultas Syariah dan Dakwah.

“ Ini pelantikan pertama organisasi kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Syariah dan Dakwah bahkan di lingkungan IAIN. Kita ada 6 unit kegiatan mahasiswa atau UKM yang ada di Fakultas Syariah dan Dakwah, 3 sudah dilantik pada hari ini dan 3 lagi insyallah pada waktu dekat akan dilantik “ ucap Dekan Fakultas Syariah dan Dakawah, Surahman Amin.

Lanjutnya, pelantikan ini sangat penting bagi mahasiswa-mahaiswa, karena kesempatan untuk berkarya, dan berkreatif. Selama hampir hitungan 3 tahun belakangan ini, kegiatan dikampus 2 tahunnya hampir lumpuh di karenakan pandemic Covid-19, tetapi dalam satu tahun terakhir mulai tumbuh kembali.

“ Kita berharap setelah pelantikan ini, akan tumbuh kembali generasi-generasi yang memang siap untuk diandalkan di masa depan. Setelah Corona virus ataupun Covid-19 melanda negara kita, ada semacam kevakuman yang membuat mahasiswa-mahasiswa ini tidak bisa berkreasi karena takut dengan Covid-19, diketahui sebelumnya mahasiswa-mahasiswa IAIN Sorong termasuk mahasiswa kreatif, di mana-mana dikenal di beberapa perguruan tinggi di beberapa organisasi keagamaan pasti ada mahasiswa IAIN dan di kampus juga semarak dengan acara-acara, Covid-19 melada menjadikan kita melemah, tetapi tidak untuk saat ini,kita harus memunculkan kembali bahwa IAIN harus bangkit kembali, IAIN harus tumbuh berkembang dengan ada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang bisa kita andalkan kedepan “ ujarnya.

Surahman menambahkan mahasiswa yang dilantik hari ini merupakan mahawiswa-mahasiswa yang mempunyai rasa tanggungjwab yang tinggi. Sehingga dapat dipercayai mengemban amanah yang diberikan.

“ Pelantikan hari ini merupakan amanah, kalian sudah dipercaya untuk menjadi pemimpin ataupun pengurus organisasi di lingkungan kampus, itu tidak main-main. Kalian dipercaya menjadi pimpinan dan pengurus B-Care, FAMES, KSPM, gunakan kesempatan ini untuk berkarya yang lebih baik, meningkatkan kreativitas, dan membuktikan bahwa kalian sebenarnya bisa, kalau kalian bisa hari ini yakin dan percaya esok lusa, bulan depan, tahun depan, 10 tahun ke depan, 20 tahun ke depan, akan berhasil. Banyak organisasi dari berbagai perkuliahan menjadikan orang-orang besar, semua lahir dari organisasi-organisasi kampus, karena mereka sudah dilatih dan hari ini kalian sudah mulai dilantih dalam hal seperti ini. Kalian baru dilantik tetapi kegiatan-kegiatan kalian sudah nyata, tingkatkan itu semua sehingga jabatan yang kalian emban sekarang ini merupakan amanah karena akan dipertanggungjawabkan kepada Allah subhanahu wa ta’ala “ kata Surahman.

Wakil Rektor I IAIN Sorong, Dr. Rusdi Rasyid, M. Pd. I, mengatakan, penomena yang terjadi 2 tahun terkahir ketika seluruh dunia di serang wabah Covid-19, sehingga seluruh sendi-sendi perekonomian, politik dan terutama pendidikan terjadi pergeseran yang sangat signifikan, terutama di kampus IAIN Sorong, terjadinya perubahan-perubahan atau transformasi-transformasi yang sebelumnya tidak terduga.

“ Kampus IAIN Sorong selama ini kita lakukan pembelajaran secara offline berdiri di depan ruang kelas dan mahasiswa berhadapan dengan dosennya secara langsung. Tetapi fenomena serangan wabah Covid-19 semuanya berubah, yang tadinya kita di kelas, belajar mengajar selanjutnya kita harus tidak ketemu tidak boleh, harus ada jarak fisik dan fisik tidak boleh merapat harus ada jarak minimal satu setengah meter, dan berbagai macam aturan-aturan. Sekarang kita insya Allah akan kembali seperti dulu lagi, salah satunya dengan ada ciri-ciri UKM ini sudah mulai kembali normal. Yakni B-Care dan FAMES dan KSPM, kampus bangga memiliki UKM yang seperti ini aktif” kata Wakil Rektor I IAIN Sorong, Rusdi Rasyid.

Ia berharap kepada pengurus-pengurus yang dilantik agar kedepan dapat membuat program-program terbaru untuk dilihatkan kemasyarat, dan berkolaborasi dengan UKM-UKM lainya yang ada khususnya di lingkungan IAIN Sorong.

“ Saya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang dilantik pada hari ini, pelantikan ini merupakan amanah yang sangat besar tanggungjawabnya bagi kalian. Tetapi saya percaya kalian bisa memikulnya, dan saya juga berharap mudah-mudahan ke depannya bisa lebih aktif juga tingkatkan kreativitasnya, dan jangan lupa untuk terus berkolaborasi dengan UKM-UKM yang ada “ pungkasnya.

Berikut Pengurus Lengkap UKM Bimbingan Penyuluhan Islam, B-Care IAIN Sorong Masa Bakti 2022-2023:

Ketua : Fachrul Najamudin
Wakil Ketua : Hamdan Romeon
Sekretaris : Ade Irma Ulima
Bendahara : Alda Syafitri

1. Divisi Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA)
Koordinator : Wahyu Fitria Sari
Wakil : Irawati Rumalolas
Anggota : Nur Safira
Nur Safa Musin

2. Divisi Sarana dan Prasarana
Koordinator : Muhammad Habib
Wakil : Muhammad Lutfi Hadi
Anggota : Eka Laela Khasanah
Musifa

3. Divisi Pembimbingan dan Penanganan
Koordinator : Aulianita
Wakil : Rahman
Anggota : Desi Fitria Rhamdani
Fitri Handayani

4. Divisi Komunikasi
Koordinator : Reno Zainuddin Sangaji
Wakil : Muhammad Syaufi
Anggota : Azharu
Lilis Nurhatati

5. Divisi Kesehatan
Koordinator : Waode Sukma
Wakil : Syifa Fauziah
Anggota : Masita Indah Rahayu Kurnia Maharani
Anggi Nurfadila

6. Divisi Humas
Koordinator : Muhammad Alfaris
Wakil : Ahmad Rumodar
Anggota : Nurul Khotimah
Istiqomah

Pengurus Lengkap UKM Ekonomi Syariah, Forum Aktivitas Mahasiswa Ekonomi Syariah (FAMES) IAIN Sorong Masa Bakti 2022-2023:
Ketua : Aniqotul Wasiqoh
Sekreteris : Siti Munawaroh. R
Bendahara : Windika Dian Ayu L.

1. Devisi Stuty Club
Koordinator : Rosmala Dewi
Anggota : Anita Ratna Kusuma
: Syifa Fauziah

2. Devisi Religi
Koordinator : Zulfi Riyadhotul H.
Anggota : Jumi R. wali
Festi Riskiani Astuti
Toni S. Koswara

3. Devisi Humas
Koordinator : Sumarti Ningtias
Anggota : Trio Putri Utami
Rengganis A.P.l Ananda
Inka Risty

4. Devisi koperasi
Koordinator : Yeni Andriyani
Anggota : Linda Wati
Fitri Faradila Umar

5. Devisi P3A (Penelitian, Pembinaan & Pengembangan Anggota)
Koordinator : Wulan Tirtasari
Anggota : M. Agus Dzulfani
: Alvina sindi
Nur aksa

Pengurus Lengkap UKM Hukum Syariah, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) IAIN Sorong Masa Bakti 2022-2023:

Ketua : Khalid Abdul Latief
Sekretaris : Khoirunnisa
Bendahara : Fika Putri Trisnawati
1. Divisi Edukasi
Koordinator : Nurdiana Ardati Aufa
Anggota : Andi Saputra
Gunawan Triwidodo
Febriyani Eka Putri

2. Divisi Investasi
Koordinator : Nur Laili
Anggota : Azhar Hidayat Sangaji
Furqon Nia
Dwi Angriani Putri M.

3. Divisi Humas
Koordinator : Nur Tri Hartiningsih
Anngota : Abdul Salam Rumuar
Fatin Mujah Hasanah
Astuti Widyaningsih

4. Divisi Event Organizer
Koordinator : Windi Putri Utami
Anggota : Anggraini Setia Wahyuningrum
Ahmad Syafril Jazmah
Fika Faridotul Chasanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top