Danrem 181/PVT Menghadiri Upacara HUT Armada RI Tahun 2023


Matapapua-Sorong : Danrem 181/PVT Brigjen TNI Totok Sutriono, S.Sos., M.M. Menghadiri Upacara Hari Armada RI Tahun 2023 Adapun yang bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu KS Koarmada III Laksma TNI Singgih Sugiharto, S.T., M.Si. dan Komandan Upacara Komandan yaitu Letkol Laut (P) Rivo Devahilland yang di ikuti ± 400 orang, bertempat di Lapangan Mako Armada III, Jalan Yos Sudarso Kelurahan Majener, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (5/12/2023).

Adapun Amanat Inspektur Upacara, yang di bacakan oleh KS Koarmada III Laksma TNI Singgih Sugiharto, S.T., M.Si. yang Intinya “Kejayaan maritim Indonesia adalah pesan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo bahwa di laut tersimpan harapan dan tersimpan kejayaan. Dengan dinamika perkembangan di lingkungan strategis saat ini TNI Angkatan Laut dihadapkan pada tuntutan untuk terus meningkatkan kemampuan dan kekuatan kompleksitas tantangan berupa ancaman tradisional maupun non tradisional, bahwa prajurit jalasena Armada harus responsif terhadap setiap potensi ancaman yang mengganggu keamanan dan kedaulatan negara di laut,” tegas KS Koarmada III.

“Oleh karena itu keberadaan Armada yang handal tidak hanya sebagai simbol kekuatan namun hal ini menunjukkan komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan peran diplomasi, pemerintah guna mewujudkan perdamaian dunia untuk menjawab tantangan tersebut perlu dilakukan upaya pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan TNI secara holistik hal ini mencakup pemenuhan dan modernisasi alutsista. Dukungan logistik dan yang utama yaitu Pendidikan dan Pelatihan guna mewujudkan peradilan yang profesional,” ungkapnya.


“Indonesia membangun kekuatan Laut Nusantara menuju Indonesia yang maju, peringatan Hari Armada RI tahun ini merupakan Wahana merefleksikan diri serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai. Selain itu momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada sang maha pencipta,” tuturnya.

“Peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai Garda terdepan pertahanan utama di Laut Nusantara Saya ingatkan bahwa di tahun politik ini peran Armada sangat penting dalam mendukung proses kelancaran pesta demokrasi di tanah air. TNI Angkatan Laut tidak hanya sebagai penjaga laut namun mempunyai peran untuk memelihara ketertiban dan keamanan nasional, serta berperan aktif memastikan Pemilu berjalan jujur dan adil, Armada harus siap membantu pemerintah dalam pengamanan dan distribusi logistik Pemilu sampai dengan pulau pulau terpencil dan terluar,” ujarnya.

“Kalian menjadi contoh nyata bahwa kehormatan bangsa tidak bisa diukur dengan imbalan materi dan pujian, semata-mata sejati terletak pada ketulusan hati dan kesediaan untuk mengabdi tanpa pamrih demi kejayaan bangsa,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top